IIMS 2013, Toyota Pamerkan Mobil Berdinding Layar
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 10 September 2013 20:00 WIB
AP/Koji Sasahara

TEMPO.CO, Jakarta - PT Toyota Astra Motor bertekad tampil habis-habisan dalam ajang Indonesia International Motor Show 2013. Agen Pemegang Merk Toyota ini bakal memajang mobil konsep canggih, salah satunya Fun-Vii yang memiliki dinding berupa layar, mirip televisi.

Menurut Direktur Marketing Toyota Astra Motor Rahmat Samulo seluruh bagian eksterior Fun-Vii ditutupi layar LED (light emiting diode). Dengan teknologi ini, pengendara bisa menampilkan eksterior yang sesuai dengan keinginan dan mood-nya. Tampilan layar disesuaikan melalui gadget yang terpasang dalam mobil. "Ini menampilkan hubungan antara pengemudi dan kendaraannya," kata dia di Restoran Kembang Goela, Senin 10 September 2013.

Toyota Fun-Vii, kependekan Fun Vehicle interactive Internet, bisa menampung tiga penumpang. Mobil konsep ini diperkenalkan pada Tokyo Motor Show Oktober 2011. Selanjutnya, Toyota Fun-Vii muncul di North American International Auto Show January 2012 dengan nama Toyota Diji. Sedangkan di Paris Motor Show September 2012, Fun-Vii tampil dengan nama Toyota iiMo.

Selain bisa menampilkan mood maupun avatar sang pengemudi, Fun-Vii bisa berkomunikasi dengan kendaraan lain melalui jaringan elektronik. Mobil ini juga bisa dikendalikan melalui ponsel pintar. Hingga saat ini Toyota belum mengumumkan mesin penggerak Fun-Vii. Namun mobil sepanjang 4,02 meter ini kemungkinan digerakkan motor listrik.

Tak cuma Fun-Vii, Toyota Astra juga akan memajang mobil balap TS030. Mobil hibrida ini digerakkan mesin berkapasitas 3,4 liter V8 dan motor listrik. Rahmat mengatakan TS030 merupakan wujud mobil sport dengan teknologi ramah lingkungan. "Kemampuannya terbukti di ajang FIA World Endurance Championship Le Mans."

Tak cuma Fun Vii dan TS030, Toyota Astra juga menampilkan 25 mobil yang sudah dipasarkan. Mobil-mobil itu diantaranya Toyota Agya, Etios, Avanza, Fortuner, NAV1, Vios, Camry HV, Kijang Innova, Alphard, Rush, Hilux, 86 dan Prius. Mobil ini akan mejeng di IIMS 2013 pada 19-29 September di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat.

NINIS CHAIRUNNISA

 

Otomotif Terpopuler

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi