Toyota: Penjualan Mobil Tahun Depan Stagnan
Reporter: Tempo.co
Editor: Rr. Ariyani Yakti Widyastuti
Rabu, 18 Desember 2013 16:57 WIB
Toyota Avanza yang tengah dirakit di pabrik Toyota di Kawarang. (raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Karawang - Direktur Penjualan PT Toyota Astra Motor (TAM), Rahmat Samulo, menilai pemerintah terlalu optimistis memasang target penjualan mobil tahun depan sebesar 1,3-1,4 juta unit. Pesimisme ini dipicu oleh kondisi ekonomi Indonesia yang masih melambat tahun depan. 

"Agak berat jika target tahun depan sebesar itu. Kondisi ekonomi tidak memungkinkan. Menurut saya, akan stagnan. Kenaikan tidak akan sebesar itu," kata Rahmat pada Tempo di Karawang, Rabu, 18 Desember 2013.

Rahmat memprediksi penjualan mobil tahun depan akan terhambat oleh kenaikan suku bunga kredit dan pelemahan nilai tukar rupiah. Pelemahan nilai tukar akan terus memberikan tekanan pada harga.

Toyota menargetkan penguasaan pasar 36 persen pada tahun depan. Menurut dia, target ini merupakan target yang paling realistis dengan kondisi ekonomi yang berpotensi melambat.

Untuk menyiasati tekanan harga, kini Toyota tengah mempertimbangkan untuk kembali menaikkan harga. Oktober lalu, Toyota sudah menaikkan harga jual sebesar Rp 1-2 juta per unit. "Kami masih mendiskusikan mengenai penyesuaian harga tahun depan," tuturnya. 

Tahun depan, Toyota masih akan mengandalkan Avanza sebagai tulang punggung penjualan. Mobil murah ramah lingkungan, Agya, juga tetap berkontribusi walaupun minim. "Agya itu kan hanya sekian persen dari total penjualan Toyota," katanya.

Direktur Jenderal Industri Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, memprediksi penjualan mobil tahun depan mencapai 1,3-1,4 juta unit. Menurut dia, kenaikan suku bunga kredit, pelemahan rupiah, dan krisis global yang masih terus mempengaruhi ekonomi Indonesia tidak akan menahan peningkatan penjualan.

ANANDA TERESIA

Topik Terhangat:Atut Tersangka | Mita Diran | Petaka Bintaro | Sea Games | Pelonco ITN

Berita Terpopuler:Atut Tersangka, Pegiat Antikorupsi Gunduli Kepala  Dua Puluh Penyidik KPK Geruduk Rumah AtutPendekar Berbaju Hitam Datangi Rumah Atut  Fikri Menjahit Sarung Sebelum Tewas di Pelonco ITNJadi Tersangka, Atut Tak Langsung Ditahan

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi