Mobilio Belum Akan Mampu Geser Avanza dan Xenia
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Minggu, 26 Januari 2014 07:14 WIB
Wakil Presiden Boediono melihat mobil terbaru Honda yaitu Honda Mobilio di pembukaan pameran Indonesia International Motor Show di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, (19/9). TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO , Jakarta - Pengamat otomotif, Suhari Sargo, memperkirakan Honda Mobilio tak akan sanggup menggoyang dominasi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Honda Mobilio dinilai hanya mungkin menduduki posisi ketiga atau keempat penjualan terbanyak mobil segmen low MPV (kendaraan multiguna).

“Avanza dan Xenia sudah jauh lebih dulu menyebar, jaringan pemasarannya kuat. Jadi sulit kalau menyaingi keduanya,” katanya ketika dihubungi Sabtu malam 25 januari 2014. (Baca juga : Mobilio Ditargetkan Laku 80 Ribu Unit )

Namun, ia memastikan bahwa Honda tidak bisa dipandang sebelah mata karena juga memiliki reputasi baik dan kelas konsumen tersendiri. Menurut Suhari, langkah Honda untuk melakukan penetrasi ke segmen MPV sebenarnya sudah terbaca saat mereka memproduksi Honda Freed. “Dulu Honda terkenal karena mengembangkan sedan dan city car. Tapi ketika Freed diluncurkan, sebenarnya mereka sudah mengarah ke Low MPV dan baru sekarang terealisasi,” katanya.

Agen pemegang merek Honda di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi melepas produksi pertama Honda Mobilio dalam seremoni yang diadakan di pabrik baru PT HPM di Karawang, Jawa Barat, Rabu, 15 Januari 2014. President Director PT Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida, mengatakan peresmian pabrik kedua di Karawang ini menandai dimulainya produksi dan pemasaran Honda Mobilio secara resmi di Indonesia.  (Baca juga : Beli Honda Mobilio, Dapat Paket Perawatan)

"Honda Mobilio akan menjadi produk istimewa bagi Honda di Indonesia karena secara khusus dirancang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan karakter jalan di Indonesia dengan harga yang terjangkau," kata Tomoki saat acara peresmian pabrik baru PT HPM di Karawang.

Honda Mobilio merupakan mobil low MPV pertama dari Honda yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia. Model ini juga sepenuhnya dirakit di Indonesia dan mempunyai kandungan lokal hingga mencapai 86 persen. Menurut Tomoko, sebagai model yang dirancang untuk Indonesia, Honda Mobilio dirancang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan kondisi jalan di Indonesia, dengan harga terjangkau namun tetap mempertahankan standar kualitas tinggi Honda.

Honda Mobilio pertama kali diperkenalkan di Indonesia melalui ajang World Premiere di Indonesia International Motor Show di Jakarta, 20 September 2013. Ajang tersebut juga menandai dibukanya pemesanan Honda Mobilio di Indonesia. Setelah acara pelepasan produksi pertama ini, PT HPM juga berencana untuk melakukan pengiriman Honda Mobilio kepada konsumen yang dimulai pada 25 Januari 2014.

ANANDA TERESIA | ALI HIDAYAT

Terpopuler :Toyota Unggulkan Avanza Hadapi MobilioFerrari Schumacher Dilego Rp 20,5 MiliarBanjir, Penjualan dan Servis Mobil Turun 90 PersenFord Fiesta Ecoboost 1 L Bakal Lebih MahalCara Aman Naik Motor Saat Hujan dan Banjir  Beli Honda Mobilio, Dapat Paket Perawatan

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi