Geely-Volvo Rancang Hatchback Blasteran  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 28 Januari 2014 17:25 WIB
Geely Emgrand EC6-RV (worldcarfans.com)

TEMPO.CO, Beijing - Produsen mobil asal Cina, Hejiang Geely Holding Group Co, akan membangun varian mobil subkompak bersama Volvo Car Corporation. Mobil blasteran Cina-Swedia ini akan mengisi pasar sedan hatchback yang dihuni Ford Fiesta, Volkswagen (VW) Polo, dan Toyota Yaris.

Autonews.com mengabarkan platform mobil anyar ini dirancang di fasilitas penelitian dan pengembangan milik Volvo di Swedia, yang dibangun pada 2013. Kelak, hatchback blasteran ini dipasarkan secara eksklusif oleh Geely di seluruh dunia. Produsen komponen asal Jerman, Brose Group, punya andil sebagai pemasok suku cadang mobil baru ini. Brose sebelumnya membuat pintu, kunci, dan kompartemen elektrik untuk mobil lansiran Geely.

Menurut Kepala Eksekutif Volvo, Hakan Samuelsson, penjualan mobil ini dilakukan beberapa tahun mendatang. Saat merancang mobil baru ini, Geely dan Volvo memimpikan varian mobil subkompak yang memenuhi standar keselamatan dan kualitas, terutama untuk pasar Eropa. Mobil baru ini digadang-gadang sebagai model pertama buatan Cina yang bakal berjaya di pasar Eropa. Namun belum ada bocoran baik spesifikasi maupun desain bodi mobil ini.

Bagi Volvo dan Geely, proyek ini adalah kerja sama mereka yang kedua. Pada September 2013, Volvo dan Geely membangun model mobil kompak, kemungkinan sejenis crossover atau sport utility vehicle (SUV), yang akan dipasarkan empat tahun mendatang.

FERY FIRMANSYAH

Terpopuler

Daftar 14 Kendaraan Adik Ratu Atut yang Disita KPK Kasir Ratu Atut Digeledah, 6 Mobilnya Dibongkar   Mengapa Davos Penting Bagi Jokowi?   Banjir, Jokowi Pilih Mangkir dari Forum Davos   Ini Sebab Polisi Duga Bos Tata Motors Bunuh Diri Bupati Bogor: Pak Jokowi, Tak Selalu Uang dan Uang Mobil Mewah Adik Ratu Atut Dikembalikan ke Dealer

 

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi