GM Tarik 1,5 Juta Mobil  
Reporter: Tempo.co
Editor: M. Nur Rochmi
Selasa, 18 Maret 2014 10:38 WIB
Kantor General Motors (inautonews.com)

TEMPO.CO, Detroit - Perusahaan raksasa otomotif Amerika Serikat, General Motors (GM), menarik sekitar 1,5 juta unit mobil karena berbagai masalah. Penarikan ini meliputi 1,18 juta Buick Enclave, GMC Arcadia produksi 2008-2013, dan crossover Saturn Outlook produksi 2009-2013.

Tiga jenis mobil ini ditarik karena mengalami masalah pada kabel yang menghubungkan air bag yang ada di samping kursi. Penarikan itu merupakan hasil review keamanan internal yang digagas CEO GM yang baru, Mary Barra. (Baca: General Motors dan Ford Berlomba Diskon di AS). 

GM juga mengunggah video Barra yang memberikan pembaharuan pada mobil yang ditarik karena masalah pengapian serta rencana jangka panjang mereka untuk meningkatkan proses keselamatan. "Saya meminta tim kami melipatgandakan review keselamatan kami dan menyelesaikannya dengan cepat," ujarnya dalam video yang dirilis, Senin, 17 Maret 2014.

Mobil-mobil yang ditarik ini meliputi Chevrolet Express dan GMC Savana produksi 2009-2014, GMC Savana (2013) dan Cadillac XTS (2014). Penarikan ini diperkirakan akan memakan ongkos sekitar US$ 300 juta atau sekitar Rp 3,5 triliun.

Buick Enclave, GMC Arcadia dan Saturn Outlook memiliki masalah pada respon cahaya. Oleh sebab itu, airbag samping tak peka dan tak mengembang jika terjadi kecelakaan. GM akan memperbaiki masalah kabel penghubung airbag samping ini. Total ada 1,18 ribu jenis crossover ini yang akan ditarik. (Baca: General Motors Tarik 1,5 Juta Mobil di Cina).

Chevrolet Express dan GMC Savana ditarik karena memilki bobot berlebih, sekitar 4.500 kg. Ini menjadi masalah karena tak sesuai syarat. Jika mobil tak terkendali, maka bisa berdampak pada kepala penumpangnya. GM akan merevisinya dengan menggunakan materi baru dan membangun bagian-bagian yang diperlukan. Total ada 303 ribu jenis van ini yang akan ditarik.

Sedangkan Cadillac XTS ditarik karena masalah konektor di pompa rem. Konektor ini bisa lepas jika mendapat tekanan berlebih sehingga bisa sangat panas dan melelehkan plastik, juga bisa menyebabkan kebakaran di kompartemen mesin. GM akan memasang seal baru pada konektor. Total ada 69,3 ribu unit ini yang akan ditarik.  

NUR ROCHMI | MOTORTREND.COM

Baca Juga:

Esemka Mangkrak, Solo Techno Park Buat Mesin Cetak

All New Yaris Siap Diluncurkan

Bos Desain dan Pewaris Merek Ford Wafat

Produsen Mobil Akan Adopsi iOS

Apa Penyebab Pasar Motor Bebek Menciut ?

Skuter Naik Pamor, Pasar Motor Bebek Menciut

 

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi