Usung Avanza Luxury, Toyota Mau Garap Semua Segmen
Reporter: Tempo.co
Editor: Efri NP Ritonga
Senin, 2 Juni 2014 07:45 WIB
Toyota All New Avanza (spyautomotive.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat otomotif, Dewa Yuniardi, mengatakan, menurut analisisnya, Toyota ingin menguasai segmen mobil multipurpose vehicle (MPV) level menengah-atas dengan mengeluarkan varian mobil barunya, Avanza Luxury. Toyota, kata dia, selama ini memang belum memasuki segmen tersebut.

"Kecenderungan Toyota  adalah ingin menguasai semua segmen. Semua akan diambil karena Toyota sudah besar di Indonesia," katanya saat dihubungi Tempo, Ahad, 1 Juni 2014.

Dewa memaklumi niat ekspansi Toyota bermain di kelas baru. Menurut dia, dalam pasar MPV kelas menengah-atas, Avanza Luxury akan berhadapan dengan Honda Mobilio Prestige, Suzuki Ertiga Elegant, dan Nissan Serena.

"Pasar itu masih kosong dan belum diisi Toyota. Dengan mobil baru ini, dia hanya ingin merebut pasar," katanya.

Dewa memprediksi Toyota mudah memasuki pasar tersebut karena perusahaan asal Jepang itu telah memiliki jaringan yang baik. Ditambah nama besar dan jaringan teknologi Toyota,  Avanza Luxury tidak akan kesulitan menjadi penantang merek lain yang sudah lama bercokol.

PT Toyota Astra Motor hari ini, Senin, 2 Juni 2014, akan meluncurkan mobil keluarga terbaru, Toyota Avanza Luxury.  (Baca: Hari ini Toyota Luncurkan Varian Tertinggi Avanza) "Luxury ini lini terbaru dari Avanza untuk memenuhi permintaan pasar Indonesia," kata Public Relation Toyota Astra Motor Bayu Permana.  

Bayu menolak menyebutkan detail Avanza Luxury.  Ia  hanya mengatakan akan ada penambahan dan pengurangan di sisi eksterior ataupun interior dibanding varian Avanza terdahulu, yaitu Avanza Veloz dan All New Avanza.  "Detailnya besok (hari ini) pas peluncuran," tuturnya.  

Namun Bayu memberi sedikit memberi bocoran bahwa harga Avanza Luxury lebih tinggi dibanding All New Avanza dan Veloz. Avanza Luxury juga hanya diproduksi dengan sistem transmisi otomatis.  Sebagai perbandingan, saat ini harga tertinggi on the road untuk All New Avanza sekitar Rp 186 juta, sedangkan Avanza Veloz Rp 203 juta.

Manager Operation Wilayah Selatan Nasmoco Group Agus Partono pernah mengatakan peluncuran varian baru merupakan langkah mempertahankan posisi Avanza sebagai pemimpin pasar di kelas low MPV.  Dia mengatakan Avanza menjadi tulang punggung penjualan Toyota.

ALI HIDAYAT

TerpopulerWarga Sleman Bubarkan Ibadah Umat KristenCerita di Balik Perseteruan Prabowo-WirantoCari iPhone Hilang, BerteriaklahMulai Hari Ini Terbang Citilink di Halim DitambahSangeang Meletus, 12 Penerbangan dari Bali Batal  

#Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi