Avanza Luxury Susah Lepas dari Citra Mobil Murah
Reporter: Tempo.co
Editor: Efri NP Ritonga
Senin, 2 Juni 2014 10:00 WIB
Toyota All New Avanza (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Jakarta -  Pengamat otomotif Dewa Yuniardi mengatakan pasar mobil akan mempunyai respon yang berbeda untuk mobil varian baru Toyota, Avanza Luxury yang diluncurkan hari ini, Senin 2 Juni 2014. Dia menuturkan Avanza telah memiliki kesan sebagai mobil murah di dalam benak masyarakat.

"Tantangan mobil baru ini bagaimana meyakinkan pasar kalau Avanza Luxury citranya bukan mobil murah," katanya, saat dihubungi Tempo, Ahad 1 Juni 2014.

Dewa berujar, Toyota akan mudah memasuki pasar tersebut karena perusahaan asal Jepang itu telah memiliki jaringan yang cukup baik. Namun, Toyota akan sulit mempengaruhi kelas menengah-atas untuk membeli Avanza Luxury.

"Seharusnya kalau ingin menyasar kelas baru, Toyota tidak hanya mengganti fitur, tetapi juga namanya," katanya. Alasannya, kelas atas mengharapkan gengsi, tidak hanya enak dan murah. “Agak susah kalau namanya masih menggunakan Avanza."

Dewa memaklumi niat ekspansi Toyota yang akan bermain dalam kelas baru  mereka. Menurut dia, dalam pasar MPV (multi purpose vehicle) kelas menengah-atas, Avanza Luxury akan berhadapan dengan Honda Mobilio Prestige, Suzuki Ertiga Elegant, dan Nissan Serena.

"Pasar itu masih kosong dan belum diisi Toyota. Dengan mobil baru ini, dia hanya ingin merebut pasar," katanya.

Kendati demikian, dia menuturkan Toyota tidak akan kesulitan menggaet pasar jika yang ingin disasar adalah pengguna lama mobil Avanza. Dewa mengatakan pengguna mobil Avanza merupakan pasar potensial jika Toyota berhasil meyakinkan mereka untuk meremajakan mobilnya.

Dia memprediksi pada tahun pertama, penjualan Avanza Luxury tidak akan sebesar generasi sebelumnya. Pasar akan menunggu bukti bahwa Avanza Luxury mempunyai keandalan spesifik dan berbeda dibanding dengan Avanza Veloz dan All New Avanza.

Mengenai target pasar Avanza Luxury, juru bicara PT Toyota Astra Motor, Rouli H. Sijabat mengatakan  varian All New Avanza G Luxury dan Avanza Veloz Luxury diperuntukkan buat keluarga kecil yang mencari kemewahan dalam mobil keluarga. Sehingga, desain interior dan eksteriornya disebut lebih elegan dibanding kedua pendahulunya itu, All New Avanza dan Veloz.

Menurut Rouli, kemunculan Avanza seri Luxury sudah direncanakan sejak lama. Rencana itu  didasari atas angka penjualan seri Avanza yang begitu tinggi.  "Tiga bulan terakhir (2014) angka penjualannya 15 ribu unit per bulan. Ini kepercayaan masyarakat. Makanya kami kasih apresiasi berupa Luxury,"  ucap Rouli.

ALI HIDAYAT | KHAIRUL ANAM

Baca juga:Hari ini Toyota Luncurkan Varian Tertinggi AvanzaUsung Avanza Luxury, Toyota Mau Garap Semua Segmen

Berita utama:116 Pegawai Kementerian Agama Masuk Daftar HitamDemokrat: Prabowo-Hatta Segaris Kebijakan SBYIsi Rekening Donasi Jokowi-JK Melonjak Jadi Rp 1 M

#Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi