Airbag Bermasalah, Toyota Tarik Ribuan Mobil  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 12 Juni 2014 09:25 WIB
.

TEMPO.CO, Jakarta - Toyota Motor Corporation menarik 650 ribu unit mobil akibat kerusakan kantung udara penahan benturan (airbag). Recall kali ini menambah jumlah mobil yang mengalami masalah airbag menjadi sekitar 2,27 juta unit di seluruh dunia. (Baca : Pabrikan Mobil Recall Produk Besar-besaran )

Associated Press melaporkan, penarikan kali ini meliputi 20 model, yakni sedan Corolla and Tundra buatan tahun 2003-2004 serta seri Lexus SC 430 buatan Amerika Serikat tahun 2002-2004. (Baca : Tren Recall Mobil Melambung, Apa Sebabnya? )

Melalui keterangan tertulis, manajemen Toyota menyatakan masalah ini bermula ketika pemasok suku cadang, Takata Corp, tidak menyertakan nomor seri pada produknya. Airbag ini bermasalah karena pompa berisi propelan yang seharusnya bisa meletupkan gas pengembang kantung tidak bekerja optimal. (Baca : Software Bermasalah, Toyota Tarik Highlander Sport)

Bahan penggerak dalam airbag itu bahkan bisa memercikkan api. "Toyota sudah menerima satu laporan kursi penumpang terbakar akibat masalah ini," demikian kutipan keterangan Toyota. (Baca : Toyota, Merek Mobil Terlaris 2013 )

Pada April 2013,  Toyota, Honda, dan Nissan juga pernah menarik 3,4 juta unit mobil tipe lama di seluruh dunia karena kerusakan airbag. Setelah itu, manajemen Toyota berupaya mengembalikan reputasinya karena masalah ini terbilang memalukan dan membahayakan keselamatan pengendara.

RAYMUNDUS RIKANG R.W.

Berita TerpopulerAnak Tukang Becak Ini Terima Beasiswa ke Inggris   Sumbangan untuk Jokowi-JK Capai Rp 35 Miliar   Moderatori Debat Capres, Erani Ungguli Tiga Ekonom

 

#Produksi Mobil
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi