Tim Mercedes Makin Sulit Dikejar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Martha Warta Silaban
Sabtu, 12 Juli 2014 12:20 WIB
Pembalap Nico Rosberg mengangkat trofinya saat berada di atas podium bersama juara kedua rekan setim Mercedes Lewis Hamilton (kiri) dan pembalap Williams Valtteri Bottas di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, 22 Juni 2014. REUTERS/Bernadett Szabo

TEMPO.COSilverstone -- Kesuksesan Mercedes merebut podium di setiap seri grand prix Formula One mengantarkan tim pabrikan asal Jerman itu kokoh di peringkat pertama klasemen konstruktor. Pembalap Red Bull-Renault, Sebastian Vettel, mengatakan timnya akan kesulitan mengejar raihan poin Mercedes di sepanjang musim 2014 ini. "Selisihnya amat jauh. Kami pun masih kesulitan untuk mendekatinya," kata Vettel, Jumat, 11 Juli 2014. 

Pembalap Jerman ini menuturkan hingga setengah musim bergulir, Red Bull masih kesulitan untuk meningkatkan kapasitas mesin mobilnya. Walhasil, juara dunia empat kali ini tergopoh-gopoh mengejar dua pembalap Mercedes yang berada di peringkat pertama dan kedua. 

Berbeda dengan empat musim terakhir di mana Red Bull amat dominan, pada musim 2014 ini dua pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo dan Sebastian Vettel, terlempar jauh dari persaingan papan atas. Hingga seri kesembilan dari total 19 GP, Red Bull baru sekali merasakan podium pertama, yaitu ketika Ricciardo menang di Grand Prix (GP) Kanada. 

Di lain pihak, Vettel hanya sanggup mencuri podium ketiga di GP Malaysia dan Kanada. Hasilnya, Red Bull yang berada di posisi kedua terpaut 158 angka dari Mercedes yang mengisi peringkat pertama dengan 326 poin di klasemen konstruktor. (Baca juga: Jarak Rosberg dengan Hamilton Tinggal 4 Poin.)

Vettel mengatakan timnya sudah berupaya menjajal berbagai macam cara untuk mengejar Mercedes. Namun, lawan melakukan hal serupa agar posisinya tidak tersalip. Ia memprediksi aturan dari Federasi Otomobil Internasional (FIA) mengenai sistem Front and Rear Interconnected Suspension pada mobil menjadi penyebab utama. 

"Seperti yang sudah pernah dikatakan oleh FIA kalau penerapan regulasi baru ini akan membuat tim tertentu maju dan membuat tim lain mundur," kata Vettel. Namun, Vettel tak mau menyerah. Ia mengatakan Red Bull terus bekerja agar tidak tertinggal lebih jauh lagi dari Mercedes. "Saya berharap di seri Jerman pekan depan kami bisa merebut podium," ucapnya. 

FORMULA ONE | ADITYA BUDIMAN 

Terpopuler Serangan ISIS Mendekati Mekah Pro-Prabowo, Saham MNC dan Viva Group Rontok PBB: Konflik Israel-Palestina Semakin Memburuk 7 Kebijakan Jika Ahok Jadi Gubernur

#Balap Mobil
#Mercedes Benz

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi