Asosiasi Gelar Pameran Karoseri Terbesar di ASEAN
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Kamis, 14 Januari 2016 01:11 WIB
Ruangan penumpang Bus Tingkat seri MAN R37 milik PO Nusantara saat uji coba di jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta (9/1). Bus berseri MAN R37 yang siap dipasarkan secara massal dan dapat digunakan sebagai bus tingkat wisata ini karoserinya dilakukan di dalam negeri. TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO.CO, Jakarta - Sejumlah asosiasi yang bergerak di industri karoseri dan komponen otomotif akan menggelar pameran pada Maret Mendatang. Pameran bertajuk 'INAPA dan IIBT 2016' itu diklaim sebagai pameran industri karoseri dan komponen otomotif se-Asia Tenggara.

Direktur PT Global Expo Management Baki Lee mengatakan pameran akan digelar pada 29 Maret-1 April 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. "Peserta yang sudah terdaftar mencapai 1.000 peserta dari 21 negara ditambah 9 international pavilion," kata Baki dalam konferensi pers, Rabu, 13 Januari 2016, di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta. Peserta antara lain berasal dari Indonesia, Cina, Korea, Taiwan, India, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Turki.

Melalui pameran ini, INAPA dan IIBT berharap bisa mendorong pertumbuhan industri karoseri dan komponen otomotif nasional. Fokusnya adalah pada pengembangan industri karoseri bus yang kelak digunakan di kota-kota besar sebagai angkutan umum modern.

Baki menambahkan perkembangan bus di Indonesia cukup mengesankan. Ini terbukti dari penjualan bus atau kendaraan niaga serta kepedulian pemerintah dari segi pembaruan kendaraan maupun infrastrukturnya.

Gurihnya bisnis ini bisa mengambil pengadaan bus oleh pemerintah. Baki mengatakan pemerintah menyiapkan 4 ribu unit Bus Rapid System (BRT) dan 16 ribu unit non BRT pada 2016. Beberapa kota yang sudah memiliki sistem BRT adalah Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Padang, Pekanbaru, Medan, dan Makassar. Kebutuhan ini diperkirakan semakin meningkat mengingat pemerintah menargetkan pada 2019 semua provinsi di Indonesia harus memiliki sistem BRT.

Sesungguhnya, pameran ini adalah penggabungan antara pameran IIBT ke-7 dan pameran INAPA ke-8. Indonesia International Bus, Truck and Componen Exhibition (IIBT) adalah pameran berskala internasional yang berfokus pada bus, truk, kendaraan niaga dan komponen pendukung. IIBT 2016 mendapat dukungan penuh dari beberapa asosiasi, seperti Asosiasi Karoseri Indonesia, Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia, Asosiasi Industri Alat Berat Indonesia, dan Asosiasi Agen Tunggal Alat Berat Indonesia.

Sementara Indonesia International Autopart, Accesories and Equip Exhibition (INAPA) merupakan pameran yang berfokus pada dunia otomotif baik dari suku cadang, komponen, aksesoris, dan alat pendukungnya. "INAPA telah diakui sebagai pameran otomotif paling berpengaruh di ASEAN  yang merupakan pilihan profesional untuk original equipment manufacturer dan penjualan aftermarket," kata Baki.

AMIRULLAH

#Industri Otomotif
#Kotamadya Jakarta Pusat | DKI Jakarta

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi