Review 2015, Toyota Kuasai 31,8% Pasar Mobil Nasional
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Kamis, 14 Januari 2016 22:18 WIB
Mobil MPV baru NAV 1 yang diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor di Jakarta, (11/12). Toyota NAV1 siap bersaing dengan sejumlah kompetitornya di segmen MPV. Tempo/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta - PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil mempertahankan posisinya sebagai market leader di tengah lesunya pasar otomotif nasional dan persaingan yang semakin ketat sepanjang 2015.

TAM mencatatkan total penjualan whole sales sebanyak 321.818 unit dengan market share 31,8%.

“Kami berterimakasih kepada pelanggan, meski sama-sama menghadapi situasi perekonomian yang kurang mengembirakan, kepercayaan mereka terhadap Toyota masih sangat kuat sehingga kami bisa mempertahankan posisi sebagai market leader dengan pangsa pasar sesuai target dan masih sangat mengembirakan,” kata Vice President Director TAM Henry Tanoto dalam keterangan persnya, Kamis (14 Januari 2016).

Menurut Henry tahun 2015 merupakan periode yang berat bagi industri otomotif nasional. Hal itu terlihat dari pencapaian market secara total di mana penjualan mobil sepanjang 2015 merupakan yang terendah dalam 4 tahun terakhir atau sejak 2012.

Berdasarkan data Gaikindo, pada 2012 untuk pertama kalinya pasar otomotif nasional berhasil menembus angka 1 juta yaitu mencapai 1,116 juta unit kemudian naik menjadi 1,229 juta unit pada 2013 dan 1,208 juta unit pada 2014.

Dinamika perekonomian global seperti penurunan berbagai harga komoditas termasuk minyak bumi serta fluktuasi di pasar finansial berdampak kurang menguntungkan terhadap Indonesia, sehingga pertumbuhan perekonomian nasional terganggu. Kondisi ini mempengaruhi hampir semua sektor industri, tak terkecuali otomotif.

Namun demikian, kepercayaan sebagian besar masyarakat yang masih cukup kuat, berhasil menahan penurunan pasar otomotif tidak terlalu dalam. Ini terlihat dari data penjualan otomotif nasional yang sempat menyentuh angka terendah pada Juli ke level 55 ribu dan secara meyakinkan kembali naik sampai 73 ribu pada Desember lalu.

Dari data pasar ritel penjualan TAM di segmen kendaraan penumpang mencapai 310.314 unit, sehingga menempatkan pangsa pasar Toyota di posisi 41,2% dari total penjualan segmen kendaraan penumpang secara nasional.

Sementara ritel penjualan Agung Toyota pada bulan Desember 2015 lalu menunjukan tren positif khususnya secara total penjualan 5 provinsi wilayah Agung Toyota seperti Riau, Jambi, Bengkulu, Bali dan Kepri berhasil mencapai 3039 unit.

BISNIS

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi