Baru Launching, All New Calya Sudah Dipesan 150 Unit
Reporter: Tempo.co
Editor: Rully Widayati
Jumat, 26 Agustus 2016 21:45 WIB
Mobil hemat bahan bakar Toyota Calya. TEMPO/Praga Utama

TEMPO.CO, Jakarta - Kehadiran mobil Low Cost Green Car (LCGC) All New Calya langsung direspon cepat oleh konsumen wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Kendaraan segmen new entry MPV ini sudah dipesan oleh 150 pelanggan meskipun baru saja diluncurkan. Sebanyak 100 unit diantaranya bahkan dipesan sebelum peluncuran secara resmi oleh diler Toyota Hasjrat Abadi bersama Toyota Astra Motor (TAM).

"Untuk SPK sebelum launching ada 100 unit dan hari ini di angka 50 unit," ujar Arinal Jusuf, Kepala Cabang Hasjrat Abadi Tendean dalam konferensi pers peluncuran All New Calya di Manado Town Square 1, Manado Jumat (26 Agustus 2016).

Untuk penjualan unit, lanjutnya, Hasjrat tidak memasang target ambisius. Arinal menjelaskan dalam sebulan hanya menargetkan penjualan antara 20-25 unit saja karena mempertimbangkan ketersediaan unit.

Harga All New Calya di Sulawesi Utara yang berkisar antara Rp149,8 juta hingga Rp170,9 juta relatif berdekatan dengan saudaranya Agya dan Avanza. Rentang harga yang berada di tengah-tengah antara kedua merk pendahulunya tersebut menimbulkan sedikit kekhawatiran terjadi kanibalisme pasar.

Tetapi, kata Arinal, hal tersebut bisa diminimalisir dengan cara bersaing dengan kompetitor di pasar LCGC tujuh penumpang. Hasjrat optimistis dengan kehadiran Calya bisa meningkatkan market share penjualan mobil murah di Sulawesi Utara dari sebelumnya30% menjadi 35%.

Menanggapi potensi kanibal pasar ini, GM Divisi Nasional Area VI (Sulawesi dan Indonesia Timur) TAM, Bansar Maduma mengatakan Toyota menciptakan All New Calya bukan untuk kanibalisasi melainkan sudah ada pangsa pasar sendiri.

"Kalau kita lihat ada pasar yang sesuai kemampuan mereka. Seiring perkembangan, pekerja mapan mungkin akan beralih dari roda dua ke roda empat, keluarga baru menikah atau baru punya anak, itu target kita," kata Bansar dalam kesempatan yang sama.

Sementara itu, jika spesifikasi All New Calya dibandingkan dengan Avanza tentu ada perbedaan yang signifikan. Avanza menggunakan penggerak roda belakang dan lebih tinggi sehingga memiliki penetrasi dan segmentasi pasar masing-masing.

All New Calya dibekali mesin anyar dengan seri 3NR yang memiliki kapasitas 1.200 cc dengan teknologi Dual VVT-i sehingga memberikan performa memadai serta efisien bahan bakar.

BISNIS.COM

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi