Suzuki Optimistis Ertiga Diesel Bakal Jadi Primadona Baru
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Rabu, 8 Februari 2017 13:00 WIB
New Suzuki Ertiga Diesel Hybrid resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia, U-Thai Restaurant, Jakarta Selatan, 7 Februari 2017. TEMPO/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, Jakarta- Pasar kendaraan serbaguna kecil (low multi purpose vehicle/LMPV) yang laris di Indonesia membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) optimistis penjualan Ertiga Diesel mampu menambah 20 persen dari seluruh penjualan Ertiga.

Sepanjang 2016, Suzuki Indonesia menjual 32.402 unit Ertiga atau menyumbang 33,1 persen dari seluruh penjualan Suzuki di Indonesia. Artinya, Ertiga Diesel yang dilengkapi sistem hybrid itu diharapkan bisa terjual sekira 6.400 unit hingga akhir tahun, atau rata-rata 600 unit per bulan dari Februari hingga Desember 2017.

Baca: Ini Cara Suzuki Pasarkan Ertiga Diesel

"Kami menargetkan 20 persen dari yang sudah existing sekarang. Jadi nanti akan menambah penjualan 20 persen dari penjualan 2016," kata Makmur selaku Sales Director 4 Wheel SIS di Jakarta, Selasa, 7 Februari 2017.

Mobil segmen LMPV di Indonesia umumnya bermesin bensin kendati Chevrolet pernah mengeluarkan Spin mesin diesel sebelum produsen mobil merek Amerika itu akhirnya tutup pada 2015. Namun Suzuki Indonesia melihat adanya harapan untuk menjual LMPV bermesin diesel sejalan dengan membaiknya perekonomian di Indonesia.

Donny Saputra, Direktur Marketing 4 Wheel Suzuki Indomobil Sales mengatakan kehadiran varian terbaru dari keluarga Ertiga juga akan kembali menaikkan gairah penjualan Suzuki di dealer-dealer.

Baca: Suzuki Ignis Masuk Indonesia, Ini Jadwalnya

"Pertama, kondisi perekonomian membaik yang berpengaruh ke penjualan di Indonesia. Kedua efek dari Ertiga Diesel itu sendiri," kata Donny. "Berdasarkan pengalaman, saat mengeluarkan produk baru, traffic showroom naik. Selain produk baru, pasti ada perhatian ke produk yang sudah ada."

Untuk itu, sambil memasarkan Ertiga Diesel, Suzuki juga tetap berupaya menggenjot penjualan Ertiga berbahan bakar bensin.

"Kami sudah siapkan strategi menaikkan penjualan Ertiga bensin dan harapan kami penjualan Ertiga selain diesel bertambah volumenya," kata dia. 

Lebih lanjut, Donny memandang Suzuki berpeluang menggenjot penjualan secara maksimal pada tahun 2017 karena bertepatan dengan beberapa kegiatan besar, antara lain pameran IIMS, GIIAS, Pekan Raya Jakarta dan Hari Raya Idul Adha yang umumnya menjadi ajang masyarakat membeli mobil baru.

"Kebetulan tahun ini ada dua event besar di April (IIMS) dan Agustus (GIIAS), plus PRJ dan Lebaran. Tahun ini lebih menguntungkan," kata dia.

Suzuki Indonesia juga berencana memperkenalkan beberapa produk terbarunya selain Ertiga pada periode tersebut.

ANTARA

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi