Royal Enfield Thunderbird 500X Tetap Pertahankan Gaya Retro
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 1 Maret 2018 18:46 WIB
Royal Enfield Thunderbird 500X. Sumber: auto.ndtv.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Royal Enfield India meluncurkan generasi terbaru Thunderbird yang pertama kali muncul pada 2002. Thunderbird 350X dan 500X mendapat sentuhan modern dan penggunaan warna yang cerah untuk memikat anak muda. Motor ini memiliki genre retro namun kesan modern tetap ada. Model ini juga terinsiprasi dari motor custom yang banyak berkeliaran di India.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Royal Enfield Thunderbird 350X dan 500X mendapatkan warna hitam pada sekujur bodinya yaitu knalpot, mesin, garpu depan, penutup samping, tutup headlamp, panel meter dan pegangan belakang. Sedangkan, tangki bahan bakar menggunakan warna yang cerah dan mencolok. Misalnya pada tipe Thunderbird 350X menggunakan warna putih dan merah. Untuk Thunderbird 500X, menggunakan warna oranye dan biru. Warna pelek dan jahitan di jok akan mengikuti dan serasi dengan tangki.

Baca: Motor Royal Enfield Buka Gerai Eksklusif di Indonesia

Kaki-kaki Royal Enfield Thunderbird X telah mengikuti gaya kekinian yaitu penggunaan velg alloy dan ban tubeless yang pertama kali diaplikasikan pada produk pabrikan Inggris ini. Stang pun telah berubah dengan model lebih pendek dan rendah. Sehingga membuat posisi penggendara lebih membungkuk dan agresif namun tidak mengurangi kenyamanan saat berkendara.

Jok menggunakan model Gunslinger yang diklaim mampu menambah kenyamanan. Hanya saja pada tipe Thunderbird ini, Royal Enfield menghilangkan sandaran belakang. Meski mengurangi kenyamanan namun membuat bagian belakang lebih rapi. Suspensi masih menggunakan model yang sama yaitu kombinasi teleskopik dan dual shock. Performa pengeremannya telah diperbaiki dengan rem cakram di bagian depan dan belakang.

Baca: Begini Cara Royal Enfield Meningkatkan Purna Jual Produknya

Royal Enfield Thunderbird 500X menggunakan mesin berpendingin udara 499 cc satu silinder sistem injeksi bahan bakar elektronik. Mesin menghasilkan tenaga 27,2 bhp pada 5.250 rpm dan torsi 41,3 Nm pada 4000 rpm. Royal Enfield Thunderbird 350X, menggunakan mesin 347cc dengan dua busi yang mampu mengeluarkan tenaga 19,8 bhp pada 5.250 rpm dan torsi puncak 28 Nm pada 4000 rpm.

Royal Enfield Thunderbird 500X dibanderol dengan harga 1.99 lakh atau sekitar Rp 42 juta, sedangkan 350X dibandrol dengan harga 1,56 lakh atau sekitar Rp 33 juta.

AUTO.NDTV

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi