Penjualan Foton Masih Terganjal Pembiayaan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 29 Juli 2010 10:08 WIB
Foton View XLC. TEMPO/Arif Arianto
Iklan
Iklan
TEMPO Interaktif,Jakarta:PT Foton Mobilindo (FM), distributor dan produsen resmi kendaraan asal Cina, Foton, nampaknya harus bekerja ekstra keras saat memasarkan produknya. Pasalnya, masih banyak kalangan lembaga pembiayaan atau bank yang masih enggan membiayai pembelian mobil merek ini oleh calon konsumen.

Alasannya, citra merek masih belum sekuat merek pabrikan lain sehingga nilai jual kembali kecil. “Banyak sekali lembaga pembiayaan atau bank yang masih punya pandangan seperti itu. Padahal, sebenarnya calon pembeli juga banyak. Karena itulah momen Indonesia International Motor Show (IIMS) kali ini kami manfaatkan untuk memperkuat brand image Foton,” papar Bravyanto Wisjnu, General Manager PT FM, kepada Tempo di Jakarta, Rabu (28/7) malam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Padahal, kata Bravyanto, dari sisi performa mesin serta fitur penunjang yang ada di produk itu tidak kalah dengan produk merek lain. Bahkan, selain biaya perawatannya lebih murah karena irit bahan bakar dan daya tahan mesin yang tinggi Foton dirancang memiliki kapasitas angkut besar.

“Sehingga hitung-hitungan secara ekonomis lebih menguntungkan. Terutama bagi kalangan pebisnis. Sebenarnya sudah banyak calon pembeli yang memahami itu, tetapi lembaga pembiayaan dan bank masih belum banyak,” aku dia.

Selain truk besar kategori V atau heavy duty, produk Foton yang diboyong ke ajang IIMS adalah varian Multi Purpose Vehicle (MPV) Foton View XLC (Xtra Large Cabin). MPV View XLC itulah yang saat ini banyak diminati kalangan pelaku usaha.

View XLC yang pertamakali diluncurkan pada Desember 2008 lalu itu, memang menyasar segmen dunia usaha khususnya perusahaan jasa biro perjalanan. "Segmen pasar kami adalah agen travel (agen perjalanan), hotel, serta perusahaan lainnya untuk angkutan karyawan,” terang Bravyanto.

Memang, bila dilihat dari performa mesin dan kapasitas angkut, varian ini memang sesuai sebagai kendaraan angkutan penumpang. MPV bermesin disel 2.800 cc turbo ini memiliki panjang 5.385 milimeter (mm), lebar 1.690 mm, serta tinggi 2.050 mm itu dan tercatat sebagai mobil terpanjang dikelasnya. Bahkan, plat bodinya diklaim lebih tebal dibanding MPV lain sekelasnya.

Ada tiga tipe yang ditawarkan. Pertama, Travel yang konfigurasi tempat duduk 12 + 2 orang dewasa. Kedua, tipe Family dengan berkonfigurasi 7 + 2 , yaitu tujuh tempat duduk sofa eksekutif dan dua tempat duduk di bagian pengemudi.

Tipe ketiga, yaitu tipe Executive memiliki konfigurasi tempat duduk 5 + 2. Lima tempat duduk bisa diputar untuk mendapatkan posisi saling berhadapan. Sementara kerangkanya menggunakan monoqoque tak hanya menjadikannya kuat tetapi juga memiliki daya adapatsi yang besar saat melibas berbagai jenis lintasan.

Di gelaran IIMS 2010 ini, hingga hari kelima Rabu (28/7) View XLC telah terjual 11 unit. Dari jumlah itu, kata Johanes Kamajays, Public Relatian Manager PT FM, tujuh diantaranya dibeli oleh perusahaan jasa angkutan dan hotel. “Sisanya pembeli individu,” sebut dia.

Johan menambahkan, mobil yang dibanderol Rp 220 juta on the road untuk Jakarta sepanjang Januari – Juni telah terjual 40 unit. "Target kami memang tidak muluk-muluk, karena kami menyadari juga harus membangun brand image termasuk di IIMS 2010, tujuan kami yang utama adalah memperkuat brand image yang sekarang mulai tumbuh,” aku dia.

ARIF ARIANTO

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi