Foton Produksi Loader CKD Oktober Mendatang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 24 Agustus 2010 23:01 WIB
Foton Loader BJ1028. (www.indonetwork.co.id)
Iklan
Iklan
TEMPO Interaktif, Jakarta - PT. Indobuana Autoraya (IBAR), pemegang merek Foton di Indonesia, terus bergerak memperbesar usahanya di Indonesia. Anak perusahaan Indomobil tersebut berencana merakit medium pickup Foton Loader BJ1028 mulai bulan Oktober mendatang.

Foton Loader sebenarnya sudah dimasukkan PT IBAR ke Indonesia sebanyak 80 unit, pada Mei lalu, namun masih dalam versi CBU (Completely Knock Down). Untuk mendongkrak penjualan PT IBAR akan merakit sendiri di Indonesia lewat National Assemblers di Pulo Gadung.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Kami masih melakukan berbagai studi mengenai berbagai hal agar produk ini sesuai dengan keinginan konsumen di Indonesia. Nantinya kami berharap bisa merakit sebanyak 200 unit," kata Andrew Hartono, GM After Sales PT IBAR saat buka puasa di Jakarta, Selasa (24/8).

Foton Loader diperkuat mesin diesel berkapasitas 2.156 cc dengan standar Euro 2. Tenaga yang dihasilkan dari dukungan turbo intercooler, mencapai 75 PS, yang paling besar dikelasnya.

Pemilihan kata Loader juga bukan tanpa alasan. Foton menyebut mobil dengan dimensi panjang 4.580 mm, lebar 1.570 mm dan tinggi 1.970 mm ini memiliki daya angkut 1.500 kg. Baknya dengan menggunakan perlengkapan standar model 3-way memungkinkan barang diangkut dari sisi kiri, kanan dan belakang.

Daya angkutnya lebih maksimal karena as roda menggunakan rear full floating axle yang kuat. Kekuatannya bertambah dengan adanya per belakang tambahan (helper spring), sehingga mengangkut beban berat jadi tak masalah.

Andrew mengakui jika konsentrasi pabrikan asal Cina itu masih pada segmen light truck. Saat ini Foton memiliki empat model yaitu Foton Loader BJ1028 pickup (yang dibanderol Rp 105 juta), Foton BJ1039 truck 4 ban (Rp 137,5 juta) dan BJ 1039 micro bus (Rp 218 juta), serta light truck Foton BJ1059 6 ban (Rp 172,5 juta).

Dengan harga yang cukup murah, Andrew menyebut pihaknya tahun ini menetapkan target penjualan sebanyak 1.000 unit. "Sampai Juli penjualan kami sudah sekitar 600 unit. Sementara tahun lalu hanya 400-an unit," katanya.

Ketika ditanya mengenai kesiapan penjualan dan spare part, Andrew mengatakan PT IBAR telah menjalin kerjasama dengan 22 dealer diseluruh tanah air yang melayani penjualan, perbaikan dan perawatan kendaraan Foton. Kami juga menerapkan gansi pembelian selama 2 tahun atau 50 ribu kilometer. Selain itu juga ada program service 2x24 jam or free untuk item-item tertentu," katanya.

RAJU FEBRIAN

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi