Foton Motor Cina Pasarkan Sedan Murah Mulai 2013
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 20 November 2010 16:43 WIB
Foton Logo (Dok. Foton)
Iklan
Iklan

TEMPO Interaktif, Beijing - Beiqi Foton Motor Co. Ltd di Indonesia barangkali hanya dikenal sebagai produsen truk baik ringan maupun berat dengan bobot 5-20 ton. Akhir-akhir ini Foton di Indonesia juga mulai dikenal dengan produk minibus atau kendaraan Multi Purpose Vehicle.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tetapi jangan salah, produsen otomotif asal Cina itu kini berancang-ancang untuk memproduksi sedan yang akan dipasarkan di pasar domestik Cina dan mancanegara.

"Rencananya model pertama akan diluncurkan pada 2013 mendatang," ujar Zhang Bin, Brand Director Foton, seperti dilansir bitauto.com, Sabtu (20/11).

Seiring dengan rencana tersebut, pabrikan yang merupakan anak perusahaan dari Beijing Automobile Group Co. Ltd itu juga akan mengubah logo perusahaan. Perubahan mulai dilakukan pada 2011 mendatang.

"Saat ini Foton telah mempersiapkan tim khusus untuk riset, pengembangan, serta tim produksi sedan," ujar seorang sumber di pabrikan itu.

Hanya, hingga kini belum ada informasi ihwal ukuran, kapasitas mesin, fitur pendukung, hingga kisaran harga sedan tersebut. Satu-satunya informasi dari sumber itu adalah sedan yang mulai dipasarkan 2013 itu berharga murah.

Foton selama ini dikenal sebagai produsen kendaraan komersial baik truk besar maupun bus nomor dua terbesar di dunia setelah Daimler AG (produsen Mercedes Benz). Sepanjang 2009 lalu Foton berhasil menjual 602.021 unit kendaraan.

Di 2010, sepanjang Januari-Oktober, kendaraan merek ini terjual 571.100 unit atau meningkat 15 persen dibanding periode sama tahun lalu. Tak cuma itu, jumlah produksi di sembilan bulan pertama 2010 juga mengalami peningkatan menjadi 558 ribu unit atau naik 9 persen dibanding periode sama 2009.

ARIF ARIANTO 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi