Volkswagen Kembali Pamerkan Konsep MPV Microbus Bulli
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 23 April 2011 20:33 WIB
egmcartech.com
TEMPO Interaktif, New York - Volkswagen AG (VW) selalu mengelak ketika dikonfirmasi tentang kepastian apakah konsep microbus VW Bulli diproduksi atau tidak. Namun, produsen mobil asal Jerman itu kembali memamerkan konsep mobil itu di pameran mobil internasional.

Seperti dilansir egmcartech.com, Sabtu, 23 April 2011, setelah memboyong konsep Bulli ke gelaran Geneva Motor Show 2011 Maret lalu, kini VW kembali memajang mobil konsep itu di hajatan New York Auto Show 2011. Hanya, lagi-lagi, VW tak bersedia memastikan apakah kehadiran microbus Bulli di gelaran yang berlangsung 19 – 28 April itu pertanda Multi Purpose Vehivle (MPV) itu segera diproduksi.

“VW belum memutuskan apakah MPV itu diproduksi atau tidak. Namun, yang pasti, saat ini MPV sejenis yaitu Toyota Scion Xb dan Kia Soul cukup diminati konsumen global,” tulis laman egamcartech.com mengutip sebuah sumber di pabrikan itu.

Sebelumnya, seorang sumber di VW yang dikutip autocar.co.uk, awal Maret, menyebut ada indikasi mobil itu segera diproduksi. Ihwal tempat produksi, ada beberapa versi yaitu di Amerika Serikat dan Meksiko.

Mobil dengan 3,99 meter (m), lebar 1,75 m dan tinggi 1,70 m itu nantinya bertenaga listrik. VW membekalinya dengan motor listrik bertenaga 115 daya kuda dan torsi 270 Newton meter.

Bila baterai terisi penuh dalam sekali pengisian, Bulli mampu menempuh jarak 300 kilometer tanpa henti. Mobil ini juga mampu melesat hingga 115 kilometer per jam. Sedangkan akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kpj dicapai dalam waktu 11,5 detik.

VW Bulli – yang di kalangan pecintanya disebut Microbus Bulli – adalah satu di antara sedikit legenda VW.

Kantor berita Associated Press menulis, mobil yang mulai diproduksi 1950 itu adalah mobil idola kalangan hippie dan para pelancong pada zamannya. Selain karena bentuknya unik, kabin jembar, juga nyaman untuk perjalanan jauh.

Sayang, proses produksi hanya berlangsung dalam kurun yang pendek, 1950-1967. Setelah itu, Bulli telah berganti varian lain. Bahkan varian anyar itu telah menyebar ke berbagai belahan dunia.

Kendati demikian, Bulli tak serta merta hilang dari ingatan penggemarnya. Mereka tak hanya ingin mengulang romantika sejarah, tetapi juga ingin kembali menikmati kenyamanan MPV ‘Microbus’ Bulli.

Kini, Bulli tampil modern. Sejumlah fitur canggih melengkapi kenyamanannya. Pada versi konsepnya, VW menyertakan kontrol iklim dan peranti gadget iPad.

Bahkan, disebutkan selain diproduksi dalam versi mobil listrik juga dalam versi mesin disel dan bensin. Akankah versi produksi seperti itu? Kita tunggu saja.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi