Toyota-Ford Bangun Mesin Hybrid Khusus Pikap dan SUV  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 23 Agustus 2011 21:31 WIB
Derrick Kuzak, Ford Head of global product development (kiri) dan Takeshi Uchiyamada, Toyota Executive Vice President for research and development. (blogcdn.com)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Dua pabrikan raksasa Toyota dan Ford menjalin kerjasama membangun mesin gas-listrik hybrid yang akan digunakan pada mobil berjenis pikap dan Sport Utility Vehicle (SUV).

Laman autoevolution.com, Selasa, 23 Agustus 2011 menulis truk hybrid membutuhkan sistem mesin yang berbda dengan mesin yang ada saat ini. Pasalnya, mesin harus bisa menghasilkan tenaga besar untuk membawa barang berkapasitas besar.

"Kolaborasi kami dengan Ford adalah menyediakan mesin yang punya tenaga besar namun tetap ramah lingkungan," kata Takeshi Uchiyamada, Toyota Executive Vice President for research and development seperti dikutip msnbc.com.

Sementara Derrick Kuzak, Head of Global Product Development Ford mengatakan, penelitian ini membutukan waktu satu tahun ditambah dua sampai tiga tahun untuk membangunnya. Mesin ini, kata Derrick, akan memiliki tenaga yang sama dengan pikap Ford F-Series dan Tundra, pikap truk andalan Toyota.

Di laman Ford.com disebutkan jika F-Series memiliki empat varian mesin yaitu 3.7 liter V6 (302 hp), 3.5 liter V6 EcoBoost (365 hp), 5.0 liter V8 (360 hp), dan 6.2 liter V8 (411 hp).

Sedangkan di laman Toyota.com dituliskan jika Toyota Tundra juga memiliki empat varian mesin yaitu 4.0 liter V6 (270 hp), 4.6 liter V8 (310 hp), dan 5.7 liter V8 (381 hp serta 401 hp).

RAJU FEBRIAN

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi