Ini Mimpi Para Siswa Perakit Mobil Jokowi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 3 Januari 2012 09:51 WIB
Mobil buatan siswa SMK 2 dan SMK Warga Surakarta yang diparkir di halaman Balai Kota Surakarta, Senin, (2/1). TEMPO/Ukky Primartantyo.

TEMPO.CO, Surakarta - Rimbawan Setiadi, 17 tahun, punya mimpi besar: melihat mobil buatan siswa sekolah menengah kejuruan atau mobil Esemka melaju di jalan-jalan di Solo.

"Saya ingin punya satu untuk saya naiki sendiri," katanya kepada Tempo, Selasa, 3 Januari 2012. Rimbawan adalah salah satu siswa SMK Warga yang ikut merakit mobil Esemka.

Saat ini, mobil tersebut sudah dipakai Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo sebagai mobil dinasnya. Sementara mobil yang dirakit siswa SMK 2 digunakan Wali Kota Surakarta Joko Widodo.

Di SMK Warga, ada lima anak yang ikut terlibat dalam perakitan sejak September 2011. Mereka saat ini duduk di kelas III Otomotif F. Mereka merakit mulai dari nol hingga jadi kendaraan Esemka.

Siswa perakit lainnya, Yanuar Oki, 17 tahun, mengatakan mobil Esemka nyaman dikendarai dan irit bahan bakar. "Kapasitas mesinnya 1.500 cc dan sudah pakai teknologi EFI," ujarnya yang mendapat bagian merakit mesin.

Muhammad Mukhorrobin, 18 tahun, mengaku bangga menjadi bagian dari perakit mobil Esemka. "Luar biasa bangga," katanya.

Karena itu, dia bertekad untuk meningkatkan kemampuan dengan kuliah di jurusan otomotif. "Sebenarnya sudah dapat tawaran bekerja di perusahaan tambang, tapi saya pilih kuliah," ucapnya.

Mobil yang dirakit para pelajar SMK dan Kiat Motor tersebut menggunakan komponen 80 persen buatan lokal dan 20 persen impor. Mobil tersebut dibiayai Menteri Pendidkan dan Kebudayaan M. Nuh.

UKKY PRIMARTANTYO

#Mobil Nasional
#Jokowi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi