Lorenzo Akui Peran Penting Teknisi Yamaha  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 24 Januari 2012 17:02 WIB
Jorge Lorenzo. REUTERS/Toru Hanai

TEMPO.CO, Gerno di Lesmo - Kemampuan Jorge Lorenzo di lintasan balap tak perlu diragukan lagi. Meski begitu Lorenzo mengaku kehebatannya tak lepas dari orang-orang di belakang layar pabrik Yamaha yang telah membuat motornya begitu cepat.

Pembalap berusia 24 tahun itu mengungkapkan kecepatan motor Yamaha bukanlah kontribusinya, melainkan pekerjaan para teknisi. “Jika Yamaha sangat kompetitif di 2012, itu bukan karena saya, tapi karena para teknisi,” kata Lorenzo kepada media Spanyol, AS.

Lorenzo bahkan mengaku tidak tahu-menahu soal teknisi balapan. Ia mempercayakan sepenuhnya masalah tersebut kepada para teknisi Yamaha yang menggerjakan motornya. “Satu-satunya yang saya lakukan adalah memberi arahan bagaimana kinerja motor di atas trek,” ujar pembalap Spanyol itu.

“Saya hanya pembalap seperti Stoner, Pedrosa, dan Valentino (Rossi). Penting bagi kami memberikan respons terhadap motor yang sudah dibuat dan sisanya tergantung pada teknisi.”

Meski berpendapat demikian, Lorenzo tetap mengatakan peran seorang pembalap bertalenta juga berpengaruh dalam sebuah balapan MotoGP. “Pada 2010 Yamaha menggunakan empat motor, dan juaranya adalah saya. Tahun lalu Honda juga menggunakan empat motor dan juaranya adalah Stoner. Jadi pada akhirnya pembalap sama pentingnya dengan motor, bahkan lebih,” tuturnya.

Lorenzo sudah mengendarai motor Yamaha sejak musim balap MotoGP 2008. Mantan pembalap Aprilia itu meraih gelar juara MotoGP pada 2010.

CRASH | IRVAN SAPUTRA

Berita terpopuler:Mourinho Akan Tinggalkan Madrid JuniCasillias Bantah Perpecahan Tim Real MadridDrago Mamic: Persib Tak Andalkan Satu PlaymakerGaspar Diplot untuk Laga Persib Lawan PersiwaBalotelli Terancam Tak Tampil di Empat Laga

#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi