Esemka Dites 1.180 Detik, Jokowi Tegang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 2 Maret 2012 09:55 WIB
Mobil Esemka Rajawali rakitan Siswa-siswa SMK sedang dilakukan pemasangan alat uji emisi di ruang uji Balai Termodinamika Motor dan Sistem Propulsi (BTMP), Tangerang, Banten, sebelum dilakukan proses uji emisi, Senin (27/2).TEMPO/Andry Prasetyo

TEMPO.CO, Surakarta - Wali Kota Surakarta Joko Widodo mengaku tegang saat melihat proses uji emisi di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong, Senin, 27 Februari 2012. Perasaan itu diungkapkanya setelah Esemka dinyatakan tidak lulus dalam uji emisi.

Dalam uji emisi yang berlangsung selama 1.180 detik tersebut, Jokowi mengamati proses pengujian di ruang Vehicle Test Room. Jokowi duduk berjajar bersama Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo, perwakilan dari BTMP, perwakilan dari Kementerian Perhubungan, serta dua legislator yang ikut menyaksikan uji emisi. Puluhan wartawan mengerumuni barisan itu.

Mobil Esemka yang tengah diuji hanya bisa terlihat dari balik jendela kaca yang tidak terlalu lebar. Sebenarnya ada sejumlah kamera yang disalurkan di tiga televisi yang ada di ruangan tersebut. Namun, mereka lebih asyik memperhatikan monitor komputer yang menampilkan sejumlah data dan grafik.

Para pejabat yang duduk berderet di kursi itu menyaksikan layar-layar itu sembari ngobrol santai. Tak jarang, obrolan itu berakhir dengan derai tawa.

Tapi Jokowi tidak. Dia terdiam selama proses pengujian. Dalam satu kesempatan, dia beranjak dari kursinya untuk melihat layar monitor dari jarak yang sangat dekat. Raut wajahnya terlihat tegang.

Setelah Esemka dinyatakan tidak lulus uji emisi, Jokowi mengaku memang sangat tegang saat itu. “Wajar kalau saya tegang, uji emisi kemarin sangat penting,” katanya. Dia menyebut, hasil uji emisi tersebut merupakan gerbang lahirnya produk nasional sekaligus pembuktian pada karya pelajar Esemka.

Meski ternyata hasilnya tidak lulus, dia mengaku tidak kecewa. “Saya tidak patah arang,” katanya. Dirinya siap untuk kembali membawa Esemka ke Serpong untuk uji emisi ulang.

Yang dia khawatirkan saat ini adalah semangat para pelajar yang telah terlibat dalam perakitan mobil tersebut. “Kami masih bisa berbesar hati, namun anak-anak belum tentu,” katanya. Untuk itu, pihaknya akan terus memberikan motivasi pada para pelajar agar semangat untuk menciptakan produk nasional tetap menyala.

AHMAD RAFIQ

Berita Terkait:Kata Jimly, Jokowi Sudah Mulai LebaySukiat Kaget, Mobil Esemka Gagal Uji EmisiLampu Esemka Belum Penuhi StandarTak Menyerah, Esemka Solo Siap Uji UlangEsemka Gagal Lolos Uji Emisi, Jimly Tetap MenantiBI Imbau Perbankan Danai Esemka 

#Mobil Nasional
#Jokowi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi