Salip Toyota, BMW Jadi Mobil Terbaik Sejagat
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 22 Mei 2012 20:30 WIB
AP/Joerg Koch

TEMPO.CO, Detroit - Pabrikan mobil mewah asal Jerman, Bayerische Motoren Werke (BMW), kini dinobatkan sebagai merk mobil terbaik di seluruh dunia. BMW menggeser Toyota dari posisi puncak klasemen paling bergengsi itu.

Pencapaian BMW ini tertuang dalam BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands 2012 yang dirilis perusahaan riset Millward Brown, Selasa 22 Mei 2012.

Menurut Direktur Millward Brown, Peter Walshe, predikat ini disandang BMW lantaran dinilai mampu mengkomunikasikan apa saja yang menjadi kelebihan produknya pada konsumen. Produk yang mereka luncurkan pun dinilai paling top saat ini.

"Sebagai salah satu merek besar di dunia, BMW menempati posisi paling tinggi di tengah pasar yang sangat kompetitif," kata dia seperti dikutip dari laman autonews.com.

Walshe mengatakan, saat ini BMW dan pabrikan Jerman lain seperti Mercedes-Benz, Volkswagen dan Audi bisa mendongkrak posisi mereka lantaran berhasil merambah pasar Asia, terutama Cina. "Ekspor mereka ke kawasan paling menjanjikan ini cukup tinggi," ujarnya.

Sebaliknya ranking Toyota anjlok lantaran produksi dan penjualannya terganggu bencana tsunami, gempa bumi dan nuklir di Jepang serta banjir di Thailand tahun lalu. Masalah yang sama juga menimpa merk Jepang lain seperti Lexus, Honda dan Nissan meski ketiganya tetap berada dalam daftar 10 besar merk mobil terbaik dunia tahun ini.

"Masalah mereka hanya berhubungan dengan kondisi keuangan, bukan merek. Hal ini jelas di luar dari kendali," katanya.

Sebelumnya, BMW pernah menduduki posisi ini pada 2010. Namun Toyota memegang kendali sejak tahun 2006 hingga 2009 serta 2011. Millward Brown juga menyatakan Mercedes-Benz, Volkswagen dan Audi mampu memperbaiki posisi mereka dalam daftar mobil paling berharga tahun ini.|

FERY FIRMANSYAH

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi