BMW dan Toyota Garap Mobil Ramah Lingkungan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 25 Juni 2012 14:11 WIB
BMW ActiveHybrid 5 Series. (inautonews.com)

TEMPO.CO, Berlin - Dua raksasa otomotif dunia, BMW AG dan Toyota Motor Corp, bekerja sama membangun teknologi mesin ramah lingkungan. Kedua perusahaan ini saling mengeksplorasi kelebihan masing-masing yang akan ditelurkan dalam beberapa produk.

Majalah Der Spiegel Jerman mengabarkan BMW akan menjadi pemasok mesin diesel untuk Toyota. Kongsi yang dimulai pada 2014 ini dilakukan untuk membantu pemasaran Toyota di kawasan Eropa. Sedangkan Toyota akan membantu pengembangan baterai lithium-ion untuk mobil BMW.

"Akan ada lagi proyek lain yang telah disepakati BMW dan Toyota," demikian kutipan dari Der Spiegel, Senin, 25 Juni 2012.

Namun, majalah tersebut tak menyebut satu nama pun sebagai narasumber. Dalam artikel tersebut juga dikatakan Kepala Eksekutif BMW, Norbert Reithofer, dan Presiden Toyota Motor, Akio Toyoda, akan mengumumkan rincian kerja sama itu dalam waktu dekat.

Selain dengan Toyota, BMW juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa pabrikan lain. Pekan lalu BMW menyepakati kerja sama dengan PSA Peugeot Citroen dalam pembuatan komponen mobil hibrida. Namun, nasib kerja sama ini tak jelas lantaran PSA malah menjajaki kongsi serupa dengan pesaing BMW, Opel.

FERY FIRMANSYAH

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi