Hiriko, Mobil Lipat Super Kompak
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 18 Agustus 2012 04:43 WIB
Hiroko Cars (Dailymail)

TEMPO.CO , Barcelona - Mencari ruang parkir adalah satu persoalan tersendiri bagi pengemudi. Selain sulit mendapatkan ruang, perlu usaha ekstra keras supaya kendaraan terparkir dengan pas tanpa perlu 'bersenggolan' dengan kendaraan lainnya.

Agar Anda tak lagi menemui kesulitan mendapatkan ruang dan memarkir kendaraan, para peneliti dari Kelompok MIT ‘s Changing Places bekerja sama dengan Lembaga Denokinn yang berlokasi di wilayah Basque Spanyol, telah mengembangkan proyek Hiriko Fold, sebuah mobil yang nyaman dan ramah lingkungan untuk lalu lintas di perkotaan.

Hiriko Fold merupakan mobil listrik ultra kompak yang cukup kecil dan mampu menyesuaikan diri pada ruang yang paling kecil sekalipun. Mobil ini bahkan bisa memaksa masuk pada ruang yang sangat ketat.

Didesain untuk dua penumpang, kendaraan ini dilengkapi dengan zero-turn radius wheels, yang memungkinkan kendaraan ini bergerak ke samping sehingga parkir pararel menjadi lebih mudah.

Prototipe kendaraan ini sudah mulai diujicoba di perkotaan Eropa dan diperkirakan kendaraan ini akan dipasarkan mulai tahun 2013 dengan harga sebesar £ 10.000 atau sekitar Rp 148 juta.

Pencipta Hiriko menjelaskan, kendaraan ini akan menjadi solusi baru mobilitas perkotaan yang dirancang dibawah konsep City Car. Mereka menyatakan, proyek ini akan mentransformasi konsep kendaraan perkotaan.

“Proyek Hiriko lahir dari visi yang jelas untuk mengubah dan meregenerasi industri kendaraan di Alava dan Basque,” kata mereka. Untuk tujuan ini, mereka menghitung pasrtisipasi dari perusahaan otomotif yang bertanggung jawab terhadap pembuatan dan pengembangan salah satu modul tentang konsep City Car.

Awal tahun ini, Presiden European Commision, Jose Manuel Barosso menyatakan Hiriko menjadi solusi atas krisis ekonomi Eropa. Dia menyatakan, proyek mobil listrik Hiriko memainkan peranan penting untuk merespons krisis. Ini bisa menjadi kemungkinan kombinasi bisnis yang bisa membuat lapangan pekerjaan dan inovasi sosial.

“Hiriko adalah contoh bagaimana menyadarkan industri tradisional dan memimpin mereka untuk tantangan baru seperti mobilitas perkotaan,” kata Barosso.

WAYAN AGUS P | DAILYMAIL

Berita teknologi lainnya:Happy Birthday Indonesia Jadi Trending Topic DuniaLomba Balap Karung di Google DoodleBimasakti Siap Meluncur ke Ajang Student FormulaBadai Tropis, Penyebab Bencana Alam MeningkatGates Sponsori Toilet Ramah LingkunganMengapa Volume Otak Penderita Depresi Mengecil?

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi