Lomba 'Ngepot' Warnai Indonesia Motor Show 2012  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rr. Ariyani Yakti Widyastuti
Selasa, 11 September 2012 14:46 WIB
Drift War IIMS 211 (Ist)

TEMPO.CO, Jakarta - PT Dapur Pacu Indonesia bekerja sama dengan PT Dyandara Promosindo kembali menggelar balap drifting dalam Indonesia International Motor Show 2012. Ketua panitia IIMS Drift War 2012, Andry A. Adrian, mengatakan kejuaraan tersebut akan dilaksanakan pada 28-30 September 2012.

"Ada yang berbeda dari drifting war tahun ini, yaitu peraturan yang digunakan," kata Andry, Selasa, 11 September 2012.

Berbeda dengan lomba serupa tahun lalu yang belum memiliki aturan baku dan hanya menggunakan kesepakatan bersama, kali ini pengaturan yang digunakan mengacu pada peraturan internasional, yaitu formula drifting. Pada awalnya, ada silang pendapat di antara komunitas drift karena ada yang meminta menggunakan peraturan G1 Drifting.

Biro Olahraga Ikatan Mobil Indonesia, Margo Sarwono, mengatakan aturan yang disepakati akhirnya merujuk pada formula drift. Alasannya, lebih cocok diterapkan di Indonesia.

"Misalnya masalah entry speed, pada G1 harus di atas 200 kilometer per jam, padahal sirkuit di Indonesia rata-rata pendek sehingga lebih cocok formula drift karena tidak ada aturan kecepatan," kata Margo.

Aturan ini nantinya akan dievaluasi sehingga Indonesia benar-benar memiliki aturan yang baku. Hal ini penting adanya melihat semakin tumbuhnya komunitas drift, sementara belum ada aturan pasti.

Rencananya, ajang ini akan diikuti oleh maksimal 60 drifter untuk memperebutkan total hadiah Rp 30 juta. Mereka akan bertanding di lintasan yang memiliki sepuluh tikungan, enam kanan dan empat kiri.

Penonton yang ingin merasakan sensasi drifting pun oleh panitia disediakan mobil khusus, yaitu Toyota Sport Car 86. Dengan dikemudikan oleh drifter papan atas nasional, penonton tidak perlu khawatir akan keselamatan.

SYAILENDRA

Berita terpopuler lainnya:Mahfud MD: Usulan Sertifikasi Ustad Berbahaya Wanita Yahudi Diimbau Bekukan Sel TelurnyaBunuh Pacar karena Ditulari HIVKisah Luna Maya dan Mario Lawalata dengan MogePertama Kalinya, Atlet PON Dicoret Karena TransferXanana Akui Bagi-bagikan Proyek ke TemannyaTiga Detik yang Merusak12 Partai Tak Lolos Tahap Pendaftaran PemiluMisteri Warna Sungai Yangtze Berubah MerahEmpat Lokasi Jadi Target Bom

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi