Penjualan Suzuki Alto Sukses di India  
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Selasa, 16 Oktober 2012 18:57 WIB
Suzuki Alto (caradvice.co.au)

TEMPO.CO, New Delhi - Penjualan model terbaru Suzuki Alto laris manis di India. Penjualan mobil murah yang diluncurkan Maruti Suzuki India Ltd itu saat diluncurkan Selasa, 16 Oktober 2012 sudah meraih pemesanan sebanyak 10 ribu unit sejak pemesanan dibuka pada akhir September. 

“Tim teknisi kami telah membuat inovasi yang menawarkan lebih banyak ruang lega dalam mobil, memperbaiki kemampuan berkendara, dan keamanan bagi pengemudi,” ujar Direktur Maruti, Shinzo Nakanishi, seperti dikutip Reuters.

Model baru Alto itu menawarkan efisiensi bahan bakar sebesar 15 persen.

Sejak 1984, produk Maruti selalu laris terjual di pasar mobil India. Model Maruti diklaim cocok bagi kalangan keluarga kelas menengah atau kepemilikan mobil pertama di India. Model baru Alto 800 menjadi terlaris dan membuat Maruti Suzuki memimpin pasar mobil India pada akhir 1990-an.

Pada tahun fiskal yang berakhir pada Maret 2012, Maruti menjual sebanyak 310 ribu unit Alto. Mobil ini pun menjadi mobil kecil yang paling banyak terjual di dunia. Total pasar India diperkirakan mencapai 2,02 juta unit per tahun.

Pada tahun fiskal 2012, penjualan Alto turun 21 persen karena harus berkompetisi dengan model Eon produksi Hyundai Motor co dan Tata Nano, produksi Tata Motors.

Dengan catatan pemesanan Alto 800 yang mencapai puluhan ribu unit dalam waktu kurang dari satu bulan, Maruti berpotensi kembali merajai pasar.

Sebelumnya PT Suzuki Indomobil Sales sebagai agen pemegang merek Suzuki di Indonesia dikabarkan akan menjual model Alto di pasar Tanah Air. Kabarnya mobil ini akan dibanderol seharga Rp 140 juta-Rp 150 jutaan. 

ABDUL MALIK

Berita lain:Mobil Esemka Diproduksi Massal pada 2013  Penjualan Honda Hybrid Tembus 1 Juta Unit  Penjualan Ford Naik 24 PersenProdusen Sasis Jerman Incar Pasar IndonesiaSambut IIMS 2012, BII Finance Siapkan Bunga Murah

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi