Kantong Udara Bermasalah, Grand Cherokee Ditarik  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 13 November 2012 14:16 WIB
Jeep Grand Cherokee 2012. (Autoevolution)

TEMPO.CO, Detroit - Otoritas Keselamatan Lalu Lintas Amerika Serikat (NHTSA) memerintahkan Chrysler menarik dua sport utility vehicle unggulannya, Jeep Grand Cherokee dan Jeep Liberty, dari pasaran. Hal ini dilakukan menyusul ditemukannya potensi kerusakan pada kantong udara penyelamat (airbag) kedua jip tersebut.

Laman msnbc.com mengabarkan, Selasa, 13 November 2012, NTHSA menginstruksikan Chrysler untuk menarik 919 ribu Cherokee dan Liberty buatan 2002-2004. Dari jumlah itu, 800 ribu beredar di Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, dan sisanya di negara lain.

Dalam keterangan tertulis, NHTSA menyatakan, masalah ini disebabkan kerusakan pada sensor komputer yang mengatur fungsi kantong udara di sisi penumpang dan pengemudi saat terjadi kecelakaan. Kerusakan itu bisa menyebabkan kantong udara mengembang tiba-tiba, meski tidak terjadi tabrakan. "Ini membahayakan pengemudi," demikian pernyataan NHTSA.

NHTSA menyelidiki masalah ini dalam setahun terakhir. Ternyata, dalam setahun terjadi 215 kasus kerusakan airbag dan menyebabkan 81 kecelakaan ringan. Otoritas juga memperingatkan para pemilik Cherokee dan Liberty akan bahaya masalah ini dan segera mendatangi bengkel terdekat.

Masalah airbag sudah beberapa kali menimpa mobil-mobil yang beredar di Amerika Utara. Pada Juli 2012, Hyundai menarik 220 ribu sedan Sonata dan SUV Santa Fe 2007-2009 karena kantong udara gagal mengembang. Sedangkan Ford menarik 154 ribu hatchback Fiesta dan 1,2 juta pikap seri F karena masalah yang sama.

FERY FIRMANSYAH

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi