Raja Mobil Terlaris, Toyota, Geser General Motor
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 16 Januari 2013 09:24 WIB
REUTERS/Christian Hartmann

TEMPO.CO, Detroit - Setelah bertengger di posisi kedua selama bertahun-tahun, Toyota Motor Corp merebut gelar produsen mobil terlaris dari General Motor. Toyota pun mempecundangi GM di kampung halamannya, Amerika Serikat.

Assosiated Press mengabarkan, sepanjang 2012 penjualan Toyota secara global mencapai 9,7 juta unit. Unggul tipis dibandingkan GM yang berhasil memasarkan 9,29 juta mobil. Di posisi ketiga, bertengger pabrikan asal Jerman, Volkswagen AG, yang menjual 9,1 juta unit.

Toyota pun merebut gelar yang dikuasai GM selama tujuh dekade. Perusahaan yang bermarkas di Kota Aichi ini unggul dengan sedan midsize Camry di Amerika Serikat dan kawasan Amerika Utara. Camry bahkan dinobatkan sebagai mobil paling laku di Amerika Serikat sepanjang 2012.

Senior Vice President LMC Automotive, Jeff Schuster, mengatakan Toyota akan mengalahkan GM pada 2013. Pencapaian ini disokong oleh sedan kompak New Corolla yang segera meluncur. Camry dan New Corolla pun diperkirakan memperkuat pangsa pasar Toyota di Amerika hingga 70 persen. "Bagi Toyota, dua sedan itu cukup untuk mempertahankan posisinya," ujar dia.

Namun, GM tak kalah gertak. Perusahaan yang bermarkas di Detroit itu mengandalkan varian truk dan pikap kabin ganda. Menurut Global Product Development Chief GM, Mary Barra, mereka akan merebut pasar kendaraan niaga dan SUV di Amerika. Khusus untuk sedan, GM menjagokan Cadillac ATS. "Kami akan memperbarui 70 persen produk dengan varian yang lebih dashyat," katanya.

FERY FIRMANSYAH

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi