Mobil Pemenang Grand Prix Dilelang Rp 45 Miliar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rini Kustiani
Minggu, 27 Januari 2013 04:54 WIB
Bugatti type 54 Achille Varzi. outofaces.com

TEMPO.CO, London - Mobil pemenang lomba adu cepat Grand Prix akan dilelang 7 Februari nanti. Mobil Bugatti Type 54 ini memenangkan Grand Prix pada 1931 di Monza, Italia.

Saat itu, mobil dengan setir kiri ini dikemudikan oleh Achille Varzi memecahkan rekor kecepatan saat itu. Mobil ini akan dilelang dengan harga mulai 3 juta Poundsterling alias sekitar Rp 45 miliar di rumah lelang Bonhams, London.

Di zamannya, mobil ini memang lebih mengutamakan kecepatan daripada kenyamanan atau keselamatan. Bagi penggemar mobil era modern, mobil warna biru ini banyak kekurangannya.

Tak ada sabuk pengaman, atap, atau wiper. Mesinnya dengan kapasitas sebesar 5 liter, 8 silinder dapat digeber hingga kecepatan 160 mph atau 256 kilometer per jam.

Jika dilihat pada masanya, mobil yang tak dilengkapi dengan sabuk pengaman ini disebut agar pebalap lebih mudah menyelamatkan diri saat terjadi kecelakaan. Namun ternyata hal ini tak juga membuat selamat. Pemilik mobil ini, Pangeran dari Ceko, Georg Lobkowicz, justru tewas saat dia ikut balap mobil pada 1932.

Diperkirakan, harga mobil ini akan naik dari harga lelang awal. Mei tahun lalu, Sebuah Ferrari 250 Testa Rossa keluaran 1957, laku seharga 7, 7 juta Poundsterling alias Rp 115,5 miliar saat dilelang di Italia.

NUR ROCHMI | DAILYMAIL

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi