Afrika Jadi Pasar Perdana Datsun  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 26 Februari 2013 15:03 WIB
Logo Datsun. autoevolution.com

TEMPO.CO, Tokyo - Nissan Motor Co akhirnya memilih Benua Afrika sebagai lokasi pemasaran perdana untuk sub-merek Datsun. Kebangkitan Datsun di benua hitam itu akan ditandai dengan peluncuran mobil seharga US$ 10.700 atau sekitar Rp 103 juta.

Inautonews mengabarkan, Nissan akan memasarkan Datsun di Afrika Selatan pada awal 2014. Setelah proyek ini sukses, Nissan mengincar empat negara lain, yakni India, Indonesia, dan Rusia.

Namun Nissan tidak akan membangun pabrik di Afrika. Mobil untuk kawasan tersebut akan didatangkan dari India. Nissan memang telah mengumumkan rencana pembangunan pabrik Datsun senilai US$ 320 juta di Chennai. Pabrik berkapasitas produksi 200 ribu unit per tahun itu berada di kompleks yang sama dengan bengkel produksi Nissan India.

Corporate Vice President Datsun, Vincent Cobee, mengatakan, K2, mobil rakitan perdana Datsun, akan diperkenalkan pada pertengahan 2013. Mobil ini mengambil basis mini hatchback Micra yang dirilis Nissan pada 1992-2003.

Meski didapuk sebagai sub-merek mobil murah, Cobee mengatakan, Datsun tetap merilis varian yang stylish dan nyaman dikendarai. "Kami mencoba menarik pasar negara berkembang dengan mobil murah, namun unik dan menjanjikan pengalaman mengemudi yang menakjubkan," ujarnya, Selasa, 26 Februari 2013.

Setelah meluncurkan sedan buntung K2, Datsun akan melanjutkan penjualan dengan varian K2 seven seater (minibus) serta sedan I2.

FERY FIRMANSYAH

#Produksi Mobil

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi