New Honda Odyssey Dilengkapi Penyedot Debu
Reporter: Tempo.co
Editor: Yandi M rofiyandi TNR
Senin, 1 April 2013 03:18 WIB
Honda Odyssey (Dok. Honda)

TEMPO.CO, New York--Belakangan ini, mobil makin canggih. Mulai yang ada sistem hiburan, bisa parkir sendiri, hingga memiliki sarana layaknya rumah. Kali ini Honda juga menambah fitur baru: penyedot debu (vacum cleaner).

Dalam ajang tahunan New York International Auto Show pekan ini, pabrikan asal Jepang itu memamerkan produknya Honda Odyssey Minivan yang dilengkapi dengan penyedot debu.

Fitur ini disebut HondaVAC. "Ini yang pertama di dunia, ada vakum dalam mobil," kata Tami Giammarco, desainer utama bidang interior Honda. Menurutnya, fitur ini bagus untuk keluarga yang menghabiskan banyak waktu di dalam mobil.

Menurut Giammarco, ide ini tak datang dari desainer atau insinyur Honda. Namun justru datang dari putri seorang insinyur Honda. Sang putri frustasi dengan kekacauan di dalam mobil karena ulah saudara saudaranya. Dia mengeluh pada ayahnya, "Ayah, kita perlu vakum di sini."

Keluhan itu ditindaklanjuti dan dikembangkan untuk menjadi fitur. Honda bersama dengan pengembang vakum Shop-Vac akhirnya mengembangkan fitur ini dalam edisi refresh minivan Odyssey. Posisinya terselip di balik panel samping di area kargo belakang. Selangnya bisa mencapai semua ruang hingga ke kursi depan dan fleksibel menyusuri celah di antara kursi.

Vakum ini didukung tenaga dari baterai mobil. Saat mobil diparkir dalam kondisi mesin mati, bisa digunakan untuk hingga delapan menit. Atau bisa dipakai sepanjang mesin menyala. Simak info otomotif lainnya di sini.

MASHABLE | NUR ROCHMIBaca juga:Mazda Indonesia Tak Terganggu Recall di AustraliaMobil General Motors Diklaim Hemat Bahan Bakar Pameran Otomotif Medan 2013 Digelar Maret2013, Honda Targetkan Penjualan Naik 15-20 PersenTopik Terhangat: Edsus Guru Spiritual Seleb || Serangan Penjara Sleman || Harta Djoko Susilo|| Nasib Anas

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi