Di Eropa, Nissan LEAF Berubah Jadi Taksi
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 28 Mei 2013 19:18 WIB
Nissan Leaf charging. foto: Nissan

TEMPO.CO, Jakarta-  Julukan sebagai produsen taksi agaknya patut disandang oleh Nissan Motor Co. Setelah memasok minivan Nissan NV 2000, yang lebih dikenal sebagai Nissan Evalia di Indonesia, sebagai taksi resmi kota New York, pabrikan asal Jepang itu menjadikan sedan listrik LEAF untuk angkutan individu di beberapa negara Eropa.

Taksi Nissan LEAF dikabarkan telah meluncur di Inggris, Spanyol, Portugal, Jerman, Swiss dan Belanda. Kota-kota ini mengadopsi LEAF karena hemat energi dan tidak menghasilkan polutan. Biaya operasinya pun lebih rendah jika dibandingkan sedan-sedan konvensional. "Nantinya akan lebih banyak kota yang mengoperasikan taksi Nissan LEAF," demikian keterangan dari situs Nissan-europe.com, Selasa 28 Mei 2013.

Nissan LEAF masuk pasaran Eropa sejak 2011. Menurut Direktur Phoenix Taxi Inggris, Alexander Hurst, LEAF menjadi tunggangan yang bergengsi baik untuk pengemudi maupun penumpang. Dengan fitur-fitur mutakhir, taksi Nissan LEAF menjadi armada baru yang memanjakan penumpang dan pengemudi.

Bagi operator, kendaraan ini efektif untuk memangkas biaya. Menurut Hurst, perusahaannya bisa menghemat anggaran hingga 5.900 euro per tahun. "Kami akan menambah armada ini hingga 15 unit pada musim panas 2014," kata dia " kata dia seperti dikutip dari Inautonews.

Operator taksi lain  yang juga mengoperasikan Nissan LEAF adalah Taxi-E Amsterdam, Belanda. Menurut pemilik Taxi-E, Ruud Zandvliet, perusahaannyam mengoperasikan 13 unit Nissan LEAF dan sudah menempuh jarak 700 ribu kilometer. Baterai mobil ini hanya perlu diisi ulang tiga kali sehari dan selalu siap digunakan. "Armada kami bisa mengurangi polusi," ujarnya.

Imej baru LEAF pun mendongkrak pamor Nissan sebagai penyedia kendaraan penumpang. Pada dekade 1980-an, sedan Nissan Sunny menjadi andalan operator taksi di berbagai negara. Terakhir, pada April 2012, Nissan memenangkan kontrak pengadaan 15.237 unit taksi di New York selama 10 tahun, plus 2 ribu armada khusus orang cacat. Kontrak ini menambah pundi-pundi kas Nissan hingga US$ 1 miliar.

Varian yang digunakan adalah Nissan NV2000 alias Evalia. Dilabur kelir kuning, minivan ini dilengkapi atap transparan, pintu geser, kursi antibakteri, aliran listrik serta airbag komplit di kompartemen depan dan belakang. 

FERY FIRMANSYAH

Topik Terhangat:Tarif Baru KRL | Kisruh Kartu Jakarta Sehat | PKS Vs KPK | Vitalia Sesha | Ahmad Fathanah

Berita Terpopuler:KPK: Hilmi Punya Banyak Informasi Soal Luthfi  Daftar Pemenang Indonesian Movie Award 2013Ini 21 Pemain Timnas Lawan BelandaMasjid Dibakar, Anti-Islam Merebak di Inggris  Reza Rahadian Tak Sengaja Injak Gaun BCLJokowi Berpeluang Jadi Calon Presiden dari PDIP 

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi