Rio Haryanto Naik Podium di Silverstone
Reporter: Tempo.co
Editor: Martha Warta Silaban
Minggu, 30 Juni 2013 19:20 WIB
Pembalap Indonesia, Rio Haryanto. Tempo/Dian TRiyuli Handoko

TEMPO.CO, Silverstone-Pembalap Indonesia, Rio Haryanto berhasil meraih juara kedua di sprint race, seri kelima GP2, di sirkuit Silverstone, Inggris, Ahad, 30 Juni 2013. Rio yang diusung tim Barwa Addax mencatatkan waktu 37 menit, 26,041 detik atau terpaut 6,513 detik dari posisi satu, Jon Lancaster (Inggris).

Prestasi ini merupakan yang terbaik dari Rio sepanjang karirnya berlaga di GP2, sejak tahun lalu. Pada 2012, catatan terbaiknya adalah meraih posisi kelima di sirkuit Sakhir Internasional Bahrain. 

"Saya senang sekali bisa naik podium di Silverstone Inggris hari ini (kemarin). Setelah sekian lama mengalami banyak kendala," dalam pesan singkat yang diterima Tempo melalui Penny Indahwati, ibunda Rio.

Rio mencatatkan waktu terbaiknya di putaran kelima, yakni 1 menit, 43,622 detik. Menurut pembalap asal Solo itu, setelan mobilnya sudah terasa nyaman, sehingga ia bisa fokus sejak memulai pertandingan. Ia start dari posisi kedua, karena sejumlah pemain terkena penalti di race pertama.

Di race pertama Sabtu lalu, Rio meraih posisi ketujuh. Ia start dari posisi tujuh juga. Atas keberhasilannya itu, ia mendapat tambahan 6 poin. Sebelumnya, ia meraih 2 poin di seri ketiga di Catalunya, Spanyol. 

Rio sempat mengalami kegagalan di awal bertanding yakni di Kuala Lumpur dan Bahrain. Ia bahkan terkena penalti ketika berlaga di sprint race di Catalunya akibat tabrakan dengan Sergio Canamasas (Spanyol). Ia pun terkena sanksi mundur 10 grid di GP selanjutnya di Monaco.

Dari hasil perolehan balapan di Silverstone hari ini, Rio mendapat tambahan 12 poin lagi. Sehingga dengan total poin 20 dia berada di peringkat ke 17. Sedangkan rekan satu timnya, Jake Rosenzweig belum meraih satu poin pun dan berada di posisi ke 24.  Pemimpin klasemen umum sementara masih dipegang  Stefano Coletti masih berada di posisi tertinggi dengan skor 120.  

Pekan depan, Rio akan bertanding di Nurburgring, Jerman. Pada 2011 lalu, ia menang di sana ketika berlaga di GP3. "Saya berharap bisa berada di tiga besar atau paling tidak lima besar saat kualifikasi dan meraih sukses seperti di Silverstone," kata dia.  

GP2 SERIES| MARTHA WARTA

#Balap Mobil

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi