Lelang, Mobil Mewah Wapres Diduga Hasil Cuci Uang
Reporter: Tempo.co
Editor: Yandi M rofiyandi TNR
Senin, 15 Juli 2013 16:41 WIB
Ferrari 599s harga normalnya sekitar 3,1 miliar rupiah, namun Ferrai 599s yang di balut kain beludru hitam ini lebih mahal 1,5 miliar. Bila kotor atau kena lumpur, mobil ini tidak bisa dibawa ke tempat cuci mobil. Setiap inchi harus diberi sampo dan disikat dengan tangan. dailymail.co.uk

TEMPO.CO, Paris-- Sembilan mobil mewah sport milik Teodorin Obiang, putra presiden yang juga wakil presiden Equatorial Guinea, dilelang di Paris, awal pekan lalu. Lelang itu dilakukan d rumah lelang Drouot, Paris. Lelang diperintahkan oleh negara agen penagihan Perancis.

Mobil-mobil, yang meliputi merek mahal seperti Porsche, Ferrari, Bugatti dan Maserati, dilelang dengan mahar US$ 4,1 juta atau Rp 41 miliar. Sebagian besar mobil, yang produksi antara 2004 - 2010, jarang digunakan dan jarak tempuhnya masih sedikit.

Mobil-mobil itu disita pada September 2011 oleh otoritas Prancis dari tempat tinggal kelas atas Obiang di Paris. Kendaraan itu dinilai bagian dari praktek pencucian uang.

Teodorin Obiang, 42 tahun, adalah putra sulung dari Teodoro Obiang, Presiden Equatorial Guinea. Negara ini merupakan negara minyak terkaya di Afrika.Walaupun kaya minyak, hasilnya masih jarang menetes untuk masyarakat.

Lebih dari 60 persen penduduknya, hidup dengan kurang dari satu dolar per hari. Sebagian besar warganya tidak memiliki akses terhadap air minum bersih dan lebih dari 20 persen bayi meninggal sebelum usia lima tahun. Sektor pendidikan juga minim dari infrastruktur yang mendasar.

Analis percaya pendapatan minyak negara itu, digunakan terutama untuk membiayai gaya hidup mewah anggota keluarga Presiden.

Dalam pemerintahan, Obiang junior menjabat wakil presiden kedua. Sebelumnya, dia jadi Menteri Pertanian. Walau jadi orang penting, waktunya jarang dihabiskan di negara itu. Dia justru menghabiskan waktunya di California dan Prancis.

Pada bulan Februari, pemerintah Prancis juga menyita rumah Obiang di Avenue Foch di Paris. Ruma enam lantai itu berisi lukisan karya seniman terkenal dan jam antik bernilai sekitar US$ 5 juta.Obiang dicari di Perancis untuk menggelapkan dana publik untuk memperoleh properti mewah di Paris.

Obiang keras menyangkal tuduhan korupsi, bersikeras membuktikan kekayaannya tak terkait usaha ilegal. Pengacara Obiang juga mengajukan banding atas penyitaan properti mereka. Namun, menurut harian Le Monde, pada November 2012, pengadilan banding Prancis menyatakan ada indikasi yang kuat jika semua mobil itu diperoleh melalui cara haram. Pihak berwenang Prancis juga telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Teodorin Obiang.

Obiang kondang dengan gaya hidup mewah dan orang paling boros di Afrika. Pada 2006, ia dilaporkan menghabiskan US$ 1,5 juta untuk membeli dua unit mobil Bentley dan sebuah Lamborghini Murcielago, serta dua rumah mewah. Di tahun yang sama, ia mengadakan pesta Natal mewah kapal Tatoosh, kapal pesiar sepanjang 300 kaki yang dimiliki oleh pendiri Microsoft Paul Allen. Dia dilaporkan merogoh kocek sekitar Rp 4 miliar buat menyewa kapal itu.

FORBES | NUR ROCHMI

Terhangat:Korupsi Proyek Hambalang | Bursa Capres 2014 | Ribut Kabut Asap

Baca juga:BlackBerry Z10 Kini Dibanderol Rp 990 RibuGaji Orang Tua, Separuh Lulusan SNMPTN UGM BohongKPU Voting, Khofifah Gagal Lolos ke Pilgub JatimPemeran Finn Hudson Glee Ditemukan Tewas di Hotel

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi