Penjualan Mobil Mewah Meningkat Pesat  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Jumat, 10 Januari 2014 14:33 WIB
Pengunjung melihat dan mengambil foto pada supercar Porsche 911 GT1 yang dipamerkan di Dubai International Motor Show 2013 di Dubai, Arab Saudi, (5/11). (AP Photo/Kamran Jebreili)

TEMPO.CO, Wolfsburg – Penjualan mobil mewah sepanjang 2013 kemarin mengalami peningkatan yang signifikan. Volkswagen Group, induk perusahaan Audi, Bentley, dan Porsche, mencatatkan pertumbuhan yang cukup menggembirakan pada tahun lalu. Dilansir BBC, Jumat, 10 Januari 2014, penjualan tiga produk mewah tersebut meningkat pesat dibandingkan dengan 2012 lalu.

Dalam laporan penjualan yang dikeluarkan perusahaan, Audi mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 13,5 persen sepanjang tahun lalu. Total, Audi mampu mengirim 1,57 juta unit mobil bagi pelanggannya di seluruh dunia. Angka itu juga termasuk penjualan mobil mewah asal Italia, Lamborghini, yang sebagian sahamnya dimiliki VW.

Adapun produksi mobil sport di bawah divisi Porsche mengalami peningkatan yang jauh lebih tinggi ketimbang Audi. Tercatat tahun lalu mereka mencatat pertumbuhan sebesar 21 persen ketimbang tahun 2012 lalu. Dengan angka itu, tahun lalu mereka total memproduksi mobil bertenaga besar hingga 162.145 unit. Permintaan tinggi datang pada unit Super Utilities Vehicle, yakni Porsche Cayman.

Bentley juga mencatat rekor pertumbuhan yang cukup tinggi pada tahun 2013 lalu. Mereka berhasil menjual 10.120 unit mobil atau tumbuh 28 persen ketimbang tahun 2012. Perusahaan yang berbasis di Crewe, Inggris, ini pun memberikan kontribusi positif bagi keuangan Volkswagen Group secara keseluruhan.

CEO Audi, Rupert Stadler, menyambut gembira raihan perusahaannya dan Volkswagen secara keseluruhan. Bagi Audi, torehan produksi 1,5 juta unit kendaraan terwujud dua tahun lebih cepat dari rencana awal. “Artinya, dalam empat tahun terakhir kami berhasil menarik 600 ribu pelanggan baru,” kata dia.

Dengan raihan itu, Volkswagen group yang berbasis di Wolfsburg diperkirakan berhasil meraup keuntungan sebesar 8,6 miliar euro. Pembagiannya, angka itu didapat dari 3,74 miliar euro oleh Audi dan Lamborghini, 1,8 miliar euro dari Suttgart sebagai markas Porsche, dan 98 juta euro dari Bentley. Adapun Cina dilaporkan sebagai faktor penting dalam pertumbuhan penjualan perusahaan.

VW Group sendiri bertekad menjadi produsen mobil terbesar di dunia pada 2018 mendatang. Mereka mengejar target untuk melampai status pabrikan terbesar mengalahkan Toyota Motor Company dan General Motors. Adapun untuk tahun ini, VW Group mengincar posisi Bayerische Motoren Werke (BMW) AG sebagai produsen mobil mewah terbesar di dunia.

BBC | USA TODAY | DIMAS SIREGAR

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi