Penjualan Mobil Honda Raih Kenaikan Tertinggi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 17 Juli 2014 19:52 WIB
Seorang model memperkenalkan produk terbaru PT Honda Prospect Motor, Honda Brio Satya dalam peluncurannya, di Jakarta, Rabu (11/9). PT Honda Prospect Motor meluncurkan tiga tipe mobil murah new Honda Brio Satya. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Jakarta - PT Honda Prospect Motor membukukan pertumbuhan penjualan hingga 168 persen pada semester pertama 2014, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual Honda Prospect Jonfis Fandy mengatakan pertumbuhan penjualan Honda merupakan yang tertinggi dibandingkan lima besar merek otomotif lain di Indonesia.

"Sekaligus membawa Honda naik ke posisi ketiga di pasar otomotif Indonesia pada Juni 2014," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis, 17 Juli 2014. (Baca: 2015, Honda Pasarkan Crossover HR-V di Indonesia)

Penjualan mobil Honda naik dari 49.342 unit pada semester pertama 2013 menjadi 82.674 unit pada Januari-Juni 2014. Angka penjualan ini merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah Honda di Indonesia. Dengan pencapaian ini, pangsa pasar Honda meningkat dari 8,2 persen menjadi 12,9 persen.

Penyumbang penjualan terbesar adalah Honda Mobilio, yang laris sebanyak 46.446 unit. Mobilio menguasai pangsa sebesar 23 persen di kelas low multi-purpose vehicle (LMPV). Honda Mobilio sekaligus menjadi produk terlaris pada Juni 2014, setelah terjual sebanyak 10.896 unit. (Baca juga: Seret Pasokan, Penjualan Honda Tahun 2011 Turun)

Posisi kedua ditempati Honda Brio Satya yang terjual sebanyak 11.493 unit. Brio Satya pun menguasai pangsa pasar 13 persen di kelas low cost green car (LCGC). Pada segmen hatchback, Honda Jazz terjual sebanyak 7.005 unit dengan pangsa pasar 28 persen. Honda CR-V pun merajai segmen sport utility vehicle setelah terjual sebanyak 5.011 unit sepanjang semester pertama dan menguasai pangsa pasar 18 persen.

Jonfis mengatakan, meski hampir seluruh segmen otomotif di Indonesia mengalami penurunan penjualan, kenaikan pasar city car dan LMPV mampu membuat penjualan meningkat. Produk-produk Honda yang diperkenalkan pada segmen ini, yaitu Honda Brio dan Honda Mobilio, ikut mendorong penyegaran pasar. Dengan melihat tren ini, Jonfis yakin Honda bisa meraih penjualan 175 ribu unit pada akhir 2014. (Baca: Produsen Otomotif Berlomba Luncurkan Mobil Baru)

FERY FIRMANSYAH

Berita TerpopulerIstri Pimpinan ISIS Mantan Penata Rambut Pamer Busana Muslimah, Syahrini Dirisak Netizen Beredar Video PPS Rusak Surat Suara di Sukoharjo Kiper Oblak Bergabung ke Atletico Madrid

#Penjualan Mobil
#PT Honda Prospect Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi