Fokus Garap Indonesia, Mitsubishi Ekspansi Pabrik  
Reporter: Tempo.co
Editor: Dewi Rina Cahyani
Selasa, 16 September 2014 14:37 WIB
Mitsubishi. REUTERS/Issei Kato

TEMPO.CO, Jakarta - Lesunya pasar otomotif di Jepang membuat Mitsubishi Motor berencana menjadikan Indonesia sebagai basis produksi. Pada Mei 2017, pabrikan otomotif asal Jepang ini akan membangun pabrik di Bekasi, Jawa Barat. (Baca: Ekspor Mobil RI Bakal Tembus Rp 117 Triliun)

Menurut CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko, pangsa pasar di Jepang sulit berkembang. Jumlah populasi di Negeri Matahari Terbit ini terus menurun setiap tahun. Sebaliknya, jumlah penduduk di Indonesia terus bertambah. "Dalam beberapa waktu mendatang, pasarnya semakin besar," kata Masuko setelah bertemu Menteri Perindustrian M.S. Hidayat di Jakarta, Selasa, 16 September 2014. (Baca: Oktober, Mitsubishi Bukukan Penjualan 1 Juta Unit)

Rencananya, pabrik baru ini akan memproduksi mobil multi-purpose vehicle (MPV) dengan kapasitas produksi sekitar 160 ribu unit per tahun. Produksi akan terus berkembang hingga mencapai 240 ribu unit per tahun. "Kami mulai produksi pada 2017 dan memakan total investasi US$ 600 juta," kata Masuko. (Baca: New Outlander Hadirkan Banyak Fitur Tambahan)

Mobil yang diproduksi di Indonesia ini ditujukan pula untuk pasar ekspor, antara lain Thailand, Vietnam, dan Filipina. Dia menjamin mobil-mobil MPV ini tak diproduksi di Jepang.

Selain akan membangun pabrik mobil, Mitsubishi juga akan membangun industri komponen pendukung di Indonesia dalam waktu yang bersamaan. Mitsubishi menginginkan nantinya komponen mobil bisa diproduksi seluruhnya di Indonesia.

Namun Osamu enggan menyatakan jumlah investasi yang dibutuhkan. "Susah untuk mengatakan total investasinya jika digabungkan dengan industri komponen, karena itu akan menggandeng beberapa perusahaan lainnya," kata Osamu.

AMIR TEJO

Berita Terpopuler  Ratusan Warga Prancis Berjihad untuk ISIS Kapolri Didesak Ungkap Penyebab Jatuhnya MH370 Pengamat: Kabinet Jokowi Lebih Reformis dari SBY Anggota DPRD Jakarta, Makan Uang Rakyat dan Bolos Rapat Sore Ini, Kabinet Jokowi Diumumkan

#Industri Otomotif
#Mitsubishi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi