Modifikasi Edan, Daihatsu Gran Max Caravan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 24 September 2014 08:27 WIB
Daihatsu Gran Max Caravan dalam pameran IIMS 2014. TEMPO/Dimas Siregar

TEMPO.CO, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor memamerkan mobil hasil modifikasi terbaru dalam pameran Indonesia International Motor Show 2014. Ubahan minivan Daihatsu Gran Max yang dinamai Gran Max Caravan ini ditampilkan untuk menjadi inspirasi penggemar kegiatan di alam terbuka. (Baca juga: Bus Bikinan Lokal Ini Ingin Layani Rute Bandara)

Menurut Head of Development Project Pimp Research and Development Astra Daihatsu Motor Satrio Budiutomo, Daihatsu Gran Max Caravan mengadopsi desain RV alias recreation vehicle. Di Amerika dan beberapa negara Eropa, kendaraan jenis ini digunakan untuk bermukim kaum hippies dan gypsy. Namun di Indonesia, "Gran Max Caravan menyasar para pehobi jalan-jalan," kata Satrio kepada Tempo.

Mobil karavan ini, kata Satrio, memakai basis Daihatsu Gran Max versi pick-up. Ukuran dan bentuk bodi mobil bak terbuka ini memungkinkan untuk diubah menjadi kendaraan yang fungsional dan lapang. Menurut Satrio, unsur utama Daihatsu Gran Max Caravan adalah ruang yang luas dan nyaman bagi para penumpangnya. "Karena itu, mobil ini dilengkapi sejumlah peralatan rumah tangga."

Untuk material, Satrio memilih bahan logam yang disebut sandwich composite. Logam ini kokoh tapi ringan karena memadukan lempengan baja dengan lapisan fiber. Ibarat roti lapis, sandwich composite juga memiliki beberapa layer yang terdiri atas pelat logam, tumpukan fiber, dan kembali ditutup pelat logam. (Baca: Baja Otomotif Indonesia Ditantang Masuk Thailand)

Dengan bahan khusus ini, bobot Daihatsu Gran Max Caravan beserta isinya mencapai 600 kilogram. "Jauh di bawah batas beban maksimal Gran Max pick-up yang mencapai 1,5 ton," kata Satrio. Karena itu, Daihatsu Gran Max Caravan masih mampu bergerak dengan mesin 1.500 cc. (Baca juga: Mau Daihatsu Copen? Harganya Rp 400 Juta-an)

Menurut Satrio, Daihatsu Gran Max Caravan sudah diuji pada rute Sentul-Cibinong, Jawa Barat. Perjalanannya diklaim lancar. "Dengan mesin standar, Gran Max Caravan bisa dibawa ke pegunungan seperti Puncak," ujarnya.

Anda tertarik?

DIMAS SIREGAR

Berita Terpopuler

Tiga Tudingan Miring Anas kepada Keluarga SBYBocah 8 Tahun Dapat Duit Rp 15 Miliar dari YouTubePanas-panasan, Berapa Honor SPG Cantik IIMS 2014?

 

#IIMS 2016 Update
#PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi