IMoS 2014, AISI Targetkan Jual 5.000 Sepeda Motor  
Reporter: Tempo.co
Editor: Suseno TNR
Kamis, 16 Oktober 2014 05:31 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -  Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menargetkan 4.000-5.000 seepda motor terjual selama perhelatan Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2014 pada 29 Oktober-2 November mendatang di Jakarta Convention Center. Angka target itu meningkat dari realisasi pameran dua tahun lalu, yang masih bernama Jakarta Motor Show, yaitu sekitar 3.000 unit.

"Target nilai transaksi sebesar Rp 40-an miliar. Tapi itu gabungan dari industri motor dan industri pendukung lainnya," kata Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala, seusai konferensi pers IMoS 2014 di FX Sudirman, Jakarta, Rabu, 15 Oktober 2014.

Selama lima hari pameran, kata Sigit, AISI menargetkan kedatangan 90 ribu pengunjung. Dua tahun lalu, jumlah pengunjung Jakarta Motor Show hanya 65 ribu orang (baca: 4 Produsen Ramaikan Indonesia Motorcycle Show 2014)

Menurut Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata, asosiasinya sebenarnya tak menitikberatkan pada jumlah sepeda motor yang akan terjual. Tujuan utama penyelenggaraan IMoS 2014, dia melanjutkan, adalah menyampaikan pesan bahwa industri sepeda motor banyak menopang perekonomian negeri.

"Dihitung dari pajak pertambahan nilai saja industri ini sudah menyumbang Rp 10 triliun. Belum kontribusi dari keberadaan pabrik dan industri pendukung lainnya," kata Gunadi.

Sementara itu, Project Officer IMoS 2014, Febrianto Kurniawan, mengatakan pameran akan diikuti oleh empat merek anggota AISI, yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. Ada pula dua merek di luar AISI, yakni SYM--produsen asal Taiwan--dan TDR.

"Selama pameran akan ada lelang satu unit motor per hari dengan harga pembuka Rp 100 ribu," kata Febrianto.

PT Amara Pameran Internasional (API) selaku pelaksana pameran mengaku peserta pameran pada tahun ini berkurang dibanding pagelaran dua tahun lalu. Pada 2012, pameran diikuti oleh empat anggota AISI dan merek-merek lain, seperti Ducati dan BMW. API menyatakan tak membatasi jumlah peserta pameran pada tahun ini.

"AISI juga sudah minta dibuka untuk semua merek. Kami sudah merangkul, tapi enggak bisa memaksa mereka," kata Direktur API Romi.

Menurut AISI, selama pameran, akan ada peluncuran produk dan konsep terbaru oleh para produsen. Namun informasi seputar peluncuran ini masih dirahasiakan. 

KHAIRUL ANAM

Berita lain:Tahir Beri Megawati Penghargaan dan Uang Rp 1 MPemenang Cover Maroon 5 Penggembala Kambing  Tak Sreg dengan Taufik, Ini Cawagub Pilihan Ahok  


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi