2015, Honda Fokus Jualan LCGC dan SUV  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 17 Desember 2014 03:54 WIB
Honda memperkenalkan mobil sport-utility vehicle (SUV) terbarunya, Honda HR-V dalam pameran Indonesia International Motor Show di Jakarta, 18 September 2014. Dimas Ardian/Bloomberg via Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan, pada 2015, segmen kendaraan murah dan hemat bahan bakar (Low Cost Green Car/ LCGC) dan Sport Utility Vehicle (SUV) akan tumbuh. Menurut Jonfis, pasar LCGC disokong penjualan di luar kota besar. "Sedangkan penjualan SUV Honda akan naik karena kehadiran Honda H-RV," kata Jonfis kepada Tempo, Selasa, 16 Desember 2014. (Baca: Honda HR-V Melenggang di Segmen Crossover.)

Di kelas LCGC, Honda Prospect memiliki Honda Brio Satya. Sedangkan di kelas SUV, ada Honda HR-V dan Honda CR-V. Jonfis mengatakan penjualan Honda untuk segmen di luar LCGC dan SUV akan turun. Meski begitu, kata dia, konstribusi penjualan kendaraan penumpang murah dan serbaguna (Low Multi Purpose Vehicle) masih paling banyak. Di segmen ini, Honda mengandalkan Honda Mobilio dan Freed.

Secara umum, kata Jonfis, penjualan seluruh merek mobil akan mengalami stagnan. Penyebabnya adalah inflasi, kenaikan suku bunga, dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. Namun, Jonfis melihat ada kesempatan untuk meningkatkan penjualan pada semester II 2015. "Kami mesti tunggu semester II setelah penjualan di semester pertama  stagnan," katanya. (Baca: Kompetisi Crossover, Siapa Pesaing Honda HR-V ?)

Pada bulan November 2014, Honda mencatat total penjualan sebesar 12.418 unit di seluruh Indonesia. Di antara semua produknya, Honda Jazz dan Honda Brio berhasil menempatkan diri sebagai market leader di kelasnya masing-masing, adapun Honda Mobilio terus menjadi penyumbang penjualan tertinggi bagi Honda.

Honda Jazz berhasil mempertahankan posisi market leader di kelas Hatchback setelah meraih penjualan sebanyak 2.504 unit di bulan November. Dengan tambahan penjualan tersebut, total penjualan Honda Jazz tahun ini tercatat sebesar 21.223 unit, dengan pangsa pasar sebesar 40 persen di kelasnya.

Selain Honda Jazz, Honda Brio juga mempertahankan posisi market leader dengan penjualan 1.071 unit. Dengan demikian, total penjualan New Honda Brio tahun ini  mencapai 11.176 unit, dengan pangsa pasar 27 persen di kelas City Car.

TRI SUSANTO SETIAWAN

Berita TerpopulerBegini Akhir Teror Penyanderaan di Australia  Dua Sandera Tewas, Korban Teror di Australia  Teror di Sydney, #illridewithyou Cegah Benci Islam  

#Penjualan Mobil
#PT Honda Prospect Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi