Jambore, Ratusan Land Rover Kumpul di Cikole  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 18 Desember 2014 20:09 WIB
Mobil SUV asal Inggris, Land Rover Defender merupakan mobil yang kuat saat berlaju di jalanan rusak dan mendaki gunung, karena mobil ini bermesin V8 yang dilengkapi dengan diesel turbo. telegraph.co.uk

TEMPO.CO, Bandung - Komunitas pemilik dan penggemar mobil Land Rover di Indonesia (Indonesia Land Rover United/ ILRU) menggelar Jambore Bandung Super Camp di Cikole. Lembang, Bandung Utara pada 19-21 Desember 2014. Mulai Kamis, 18 Desember, sedikitnya 350 unit general purpose vehicle (GPV) buatan Inggris itu mulai berdatangan di Lapangan Jenderal, Cikole.

Ketua Panitia ILRU Bandung Super Camp, Iman Nur Adi, mengatakan ada 700 mobil yang akan hadir dari berbagai daerah di Indonesia. Saat ini sudah ada peserta dari Bandung, Lampung, Banten, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Kalimantan, Bali, dan Sumbawa. "Penggemar dari Malaysia, Singapura, dan Eropa sebagian sudah di Bandung, tapi tidak membawa kendaraan," kata dia. (Baca juga: Land Rover Kaji Bangun Pabrik di Indonesia.)

Peserta acara dibolehkan datang bersama keluarganya. Iman memperkirakan di lokasi acara akan berkumpul 1.400 orang. Panitia menyiapkan lima lokasi tempat parkir mobil di lokasi acara seluas 6 hektare, termasuk tempat berkemah dan panggung seluas 80 meter persegi. "Ada acara festival dengan sajian kuliner khas Jawa Barat," ujar Iman. 

Selain acara bertema kekeluargaan, Jambore Land Rover ini diisi juga dengan diskusi dan pelatihan mengenai modul kode etik berkendara roda empat di alam terbuka. Diskusi lain membahas pengurangan risiko bencana yang melibatkan klub-klub pecinta Land Rover. Ada juga pelatihan kampanye konservasi lingkungan dan pemanfaatan hutan oleh masyarakat. (Baca juga: Modifikasi Interior Land Rover Ini 16 Miliar.)

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya rencananya akan hadir. Ketua Land Rover Club Bandung, Arie Yashar Yusuf, mengatakan sejak dua tahun mereka telah menjalin kemitraan dengan Kementerian Kehutanan. "Kita diminta mengajari teknik mengendarai mobil 4x4 di alam terbuka bagi penjaga hutan," katanya. Teknik mengemudi kendaraan off road dengan aman dan nyaman serta ramah lingkungan itu juga akan diperagakan ke para peserta acara. 

Pertemuan dua tahunan itu pertama kali dihelat di Yogyakarta pada 2012. Pesertanya mencapai 700 mobil dengan lebih dari 2.000 orang. 

ANWAR SISWADI

Berita TerpopulerTertinggal Pesawat, Dhani: Pilot Garuda KampretBegini Pembubaran Nonton Film Senyap di AJI Yogya  Polisi Tangkap Demonstran Anti-Natal di Mojokerto

 

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi