Apa Tipe Mobil yang Akan Laris di Tahun 2015?
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Senin, 12 Januari 2015 04:28 WIB
Seorang pengunjung melihat dari atas, keramaian pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 saat baru dibuka di JiExpo, Jakarta, 18 September 2014. IIMS 2014 menghadirkan 36 merek dari anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo). Tempo/Tony Hartawan

TEMPO.CO , Jakarta - Ketua IV Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Rizwan Alamsyah, mengatakan tren tipe mobil paling populer sepanjang 2015 kemungkinan masih akan sama dengan tahun lalu.

Menurut Rizwan, Multi Purpose Vehicle (MPV) dan low cost green car (LCGC) yang lebih tenar disebut mobil murah tetap akan menjadi tipe yang paling dicari konsumen. "Popularitas MPV dan LCGC sudah terbentuk sejak 2014," kata Rizwan kepada Tempo.

Rencana penghapusan subsidi bahan bakar jenis Premium, kata Rizwan, akan mempengaruhi pola pemakaian kendaraan. Karena itu, mobil hemat dan kendaraan dengan daya tampung besar akan dicari konsumen. (Baca juga: Tiga Mobil Honda Ini Paling Laris di Indonesia)

Data Gaikindo menyebutkan, pada Januari-November 2014 penjualan mobil masih didominasi kendaraan penumpang dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc. Penjualan MPV dengan mesin di bawah 1.500 cc mencapai 521.002 unit atau 46,1 persen dari total pasar. Sedangkan LCGC terjual sebanyak 159,905 unit atau 14,2 persen. Untuk kendaraan niaga, mobil berbobot di bawah 5 ton mendominasi yakni 180.715 unit atau 16 persen.

Tingginya konsumsi mobil hemat bahan bakar erat kaitannya dengan rencana pemerintah untuk menghemat subsidi. Sebelumnya, Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi merekomendasikan pemerintah untuk mengganti Premium RON 88 dengan bensin RON 92. Rekomendasi lainnya yaitu subsidi hanya akan diberikan untuk Solar.

KHAIRUL ANAM

Berita TerpopulerJokowi Tunjuk Budi Gunawan Cepat, Mengapa?Diancam Bom, Kantor VoA Indonesia Gelap GulitaJokowi: Izin Penerbangan Bertahun-tahun Dibiarkan

#Penjualan Mobil
#Gaikindo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi