Urutan Kelima di Hungaroring, Rio Menyodok ke Peringkat Kedua
Reporter: Tempo.co
Editor: Hari prasetyo
Minggu, 26 Juli 2015 20:43 WIB
Pembalap Indonesia, Rio Haryanto naik ke atas podium setelah finis terdepan dalam sprint race babak pertama GP2 musim 2015 di Sirkuit Internasional Bahrain di Sakhir, 19 April 2015. Rio memulai balapan dari posisi ketujuh, kemudian menyalip pembalap Mitch Evans untuk merebut posisi kedua. Setelah itu, Rio melewati pembalap Kolombia, Julian Leal, untuk mendapatkan posisi pertama. facebook.com

TEMPO.CO, Mogyorod - Kendati gagal menempati podium di sprint race GP2 Hungaria, pembalap Indonesia, Rio Haryanto, tetap memperoleh poin berharga. Dengan finis di posisi kelima dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Hungaroring, Mogyorod, Hungaria, Minggu 26 Juli 2015, Rio memperoleh tambahan enam poin.

Di sesi feature race Sabtu lalu, Rio finis di posisi keempat dan mendapatkan 12 poin. Total tambahan 18 poin yang ia dapatkan di Hungaria ini membuatnya berhasil menggeser posisi pembalap Amerika Serikat, Alexander Rossi, di klasemen sementara GP2. Rio, yang sebelumnya berada di peringkat ketiga, naik satu peringkat ke peringkat kedua dengan total poin 109.

“Secara umum, ini adalah akhir pekan yang positif, walaupun saya merasa tindakan (Sergey) Sirotkin sangat tidak menguntungkan dan merusak steering serta sayap depan saya,” kata Rio melalui percakapan WhatsApp. “Tapi, setelah dilakukan investigasi, ditentukan bahwa tidak ada yang salah. Saya harus menghormati keputusan itu dan move on.”

Di awal balapan sprint race kemarin, Rio start dari posisi kelima. “Saya sempat maju ke urutan keempat tetapi terpaksa diambil kembali oleh Sirotkin di tikungan pertama,” ujarnya. "Sepanjang jalannya balapan, saya berusaha menjaga posisi lima. Saya juga sempat mempunyai kesempatan untuk mendahului Marciello, tetapi grip yang ada di ban saya tidak cukup untuk melakukannya.”

Salah satu kendala yang dialami di balapan sprint race kemarin, tutur Rio, adalah degradasi ban yang sangat tinggi. Menurut dia, hal itu juga terjadi pada semua pembalap. “Ada pembalap yang bahkan harus masuk pit,” ujar pembalap yang tergabung dalam tim Campos Racing ini. “Posisi di putaran pertama sangat penting sehingga saya hanya bisa bertahan di posisi kelima dan finis di posisi itu.”

Rio pun gembira dengan hasil yang ia peroleh. “Saya sangat senang dan sekarang waktunya menjalani liburan musim panas,” ujarnya menyinggung jeda yang cukup panjang antara balapan seri Hungaria dEgan seri berikutnya di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, 21-23 Agustus 2015.

Hasil GP2 Seri Hungaria:

Posisi Pembalap Tim Waktu 1 Nobuharu Matsushita ART Grand Prix 43 menit 43,229 detik

2 Stoffel Vandoorne ART Grand Prix 43 menit 45,190 detik

3 Sergey Sirotkin Rapax 43 menit 45,789 detik

4 Raffaele Marciello Trident 44 menit 01,050 detik

5 Rio Haryanto Campos Racing 44 menit 02,128 detik

Klasemen Sementara GP2 2015

Posisi Pembalap Tim Poin

1 Stoffel Vandoorne ART Grand Prix 194

2 Rio Haryanto Campos Racing 109

3 Alexander Rossi Racing Engineering 105

4 Sergey Sirotkin Rapax 103

5 Alex Lynn Dams 85

GADI KURNIAWAN MAKITAN

#Balap Mobil
#Balap Mobil
#Rio Haryanto

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi