Kurangi Beban, VW Akan Pangkas 3.000 Pekerjaan Kantor
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Jumat, 11 Maret 2016 02:58 WIB
REUTERS/Arnd Wiegmann

TEMPO.COJakarta - Volkswagen (VW) berencana memangkas sekitar 3.000 pekerjaan kantor di Jerman pada akhir 2017. Hal ini dilakukan guna mengimbangi biaya yang harus dikeluarkan akibat skandal uji emisi perusahaan tersebut.

"Volkswagen telah memulai program efisiensi yang mempengaruhi semua bidang, termasuk juga biaya karyawan," kata juru bicara VW, seperti dilansir Reuters, Kamis, 10 Maret 2016.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, produsen mobil terbesar di Eropa tersebut juga telah memotong investasi sebesar 1 miliar euro (US$1,1 miliar). Pemotongan ini bertujuan melepaskan ratusan pekerjaan sementara dan menghentikan pembuatan model yang tidak menguntungkan.

VW hingga kini memiliki sekitar 120 ribu pekerja di pabrik Jerman Barat. Untuk divisi jasa keuangan, ada sekitar sepertiga dari posisi-posisi kantor itu berada.

Namun pihak VW tidak memberi tahu apakah pemangkasan itu juga akan berimbas pada pemangkasan karyawannya.

Juru bicara VW mengatakan pemotongan biaya-biaya tersebut juga dapat dilakukan dengan mengurangi kontrak pekerjaan sementara, mengisi kekosongan internal, dan meminimalisasi perekrutan karyawan baru.

REUTERS | BAGUS PRASETIYO

#Otomotif
#VW | Volkswagen

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi