Mazda Buktikan Kecanggihan Fitur dalam Drive a Life  
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Jumat, 18 Maret 2016 15:35 WIB
Mazda. TEMPO/Tony Hartawan

TEMPO.CO, Purwakarta -  PT Mazda Motor Indonesia (MMI) kembali mengajak belasan jurnalis otomotif untuk membuktikan kecanggihan sejumlah fitur yang tertanam pada lini produknya. Acara bertajuk Mazda Drive a Life ini digelar pada Jumat, 18 Maret 2016, di Jakarta dan Bandung selama 2 hari. 

President Director MMI Keizo Oku, saat melepas rombongan, mengatakan, "Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman berkendara bersama Mazda yang lebih hidup dalam nuansa premium." Selain itu, ujarnya, test drive ini bermaksud memperkenalkan filosofi “Jinba-Ittai” khas Mazda. Artinya, suatu kesatuan antara kendaraan dan pengendara yang terefleksi dalam rancangan Mazda yang unik. 

Di hari pertama, para jurnalis menjajal tiga jenis mobil, yakni Mazda 6, Mazda CX-5, dan Mazda 2. Rute yang ditempuh adalah Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Lembang-Bandung. Aneka medan jalan ini dipilih untuk mengetes fitur keamanan, seperti Lane-keep Assist System (LAS), Lane Departure Warning System (LDWS), dan Blind Spot Monitor. 

Ketiga fitur ini sangat berguna saat mobil melaju di jalanan lurus. LAS dan LDWS membantu pengemudi untuk tetap berada di jalur aman. Ketika arah kemudi sedikit melenceng, sistem akan aktif mengembalikan kemudi ke jalur yang benar dan memberikan peringatan kepada sopir. 

Sayangnya, fitur ini hanya berfungsi di jalur yang memiliki marka jalan jelas. Saat diuji di jalan perkotaan dengan marka terputus, fitur ini tidak bekerja maksimal. Sedangkan fitur Blind Spot Monitoring sangat efektif untuk memantau kondisi jalan di sekitar kendaraan. 

Ketika mobil hendak berbelok atau menyusul kendaraan lain, sistem akan mengeluarkan bunyi peringatan jika di sisi kiri atau kanan mobil terdapat kendaraan lain. 

Selain tiga fitur tadi, ada pula dynamic stability control (DSC) dan traction control system (TCS), yang dirancang untuk secara otomatis mengendalikan sistem traksi dan pengereman. Fitur ini berguna untuk mengurangi risiko slip atau kehilangan traksi pada kondisi jalan licin.

Seluruh fitur ini, menurut Okue, merupakan bagian dari sistem i-ACTIVSENSE Mazda yang mengkombinasikan kenyamanan dan keamanan mengemudi.

PRAGA UTAMA

#Penjualan Mobil
#Mazda

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi