IIMS 2017 Siap Manjakan Pengunjung Wanita
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Selasa, 14 Maret 2017 20:38 WIB
Para tamu undangan dan awak media mengunjungi pembukaan pameran otomotif Indonesia International Motors Show (IIMS) 2016 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, 7 April 2016. Tempo/Tony Hartawan

TEMPO.CO, Jakarta - Ada yang unik dari rencana pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, yakni memanjakan pengunjung wanita. “Wanita memiliki peran yang cukup sentral dalam hal pengeluaran, termasuk dalam membeli mobil baru maupun aksesori,” kata Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo ---penyelenggaran IIMS---saat berkunjung ke Redaksi TEMPO di Palmerah, Jakarta Selatan, Selasa, 14 Maret 2017. IIMS tahun ini akan digelar di Jakarta International Expo (JiExpo) Kemayoran, Jakarta, 27 April hingga 7 Mei 2017.

Salah satu venue yang akan digunakan untuk memanjakan pengunjung wanita ini adalah area kota tua ala Las Vegas, Amerka Serikat, yang berada di area terbuka. Di lokasi ini, pengunjung dapat menikmati beragam sajian pertunjukan ala Las Vegas, lengkap dengan obyek foto khas dari Negeri Abang Sam.

“Yang pasti konsepnya adalah kanival, dan tentu akan menjadi pertunjukkan yang menghibur bagi seluruh pengunjung, khusus wanita dan anak-anak,” ujarnya.

Baca: Ini Permintaan Menteri Jonan kepada Industri OtomotifEurokars Resmi Jual Mazda di Indonesia

Tahun lalu, lanjut dia, IIMS dikunjungi 454.178 pengunjung. Dari jumlah itu, sebanyak 28 persen merupakan pengunjung wanita. “Artinya, IIMS sudah menjadi destinasi yang menyenangkan. Tidak hanya untuk beli mobil atau aksesori, tapi juga menjadi tujuan wisata keluarga,” ujarnya.

Pameran tahun lalu mampu mencatat sebanyak 11.275 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan), mobil terjual 10.591 unit, dan motor sebanyak 684 unit. Total transaksi sepanjang 11 hari pameran itu mencapai Rp 2,27 triliun. “Tahun ini kami targetkan naik menjadi Rp 3 triliun,” katanya.

Hendra optimistis target itu dapat dicapai mengingat peserta pameran tahun semakin bertambah. Setidaknya, hingga saat ini sudah ada 36 brand, baik mobil maupun sepeda motor yang akan memeriahkan IIMS 2017.

Simak: Ferrari Pamerkan 10 Mobil Klasik di JakartaMazda Otimistis Penjualan Tahun Ini 7 Ribu Unit

Jumlah itu diperkirakan masih akan bertambah. Itu belum termasuk dari aksesori dan pendukung industri otomotif lainnya. “Kami senang karena untuk roda empat sekarang ini peserta sudah dari agen pemegang merek (APM),” ujarnya.

Hendra juga mengungkapkan setidaknya ada 10 unit mobil baru yang akan diluncurkan bertepatan dengan pembukaan IIMS 2017. Hadirnya mobil baru ini diyakini mampu mendongkrak penjualan. “Momentumnya bagus, sebulan sebelum Lebaran. Jadi, ini waktu yang tepat bagi masyarakat untuk membeli mobil,” katanya.

Selain pameran mobil dan motor serta aksesori, IIMS juga akan dimeriahkan dengan berbagai aktivitas menarik seperti safety driving untuk anak-anak, drifting, rock crawling, off-road, dan sebagainya.

WAWAN PRIYANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi