Model Baru Siap Masuk, Stok Mazda CX-5 Hampir Habis
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Senin, 24 April 2017 15:14 WIB
Mazda CX-5 modifikasi. Dok. Mazda Motor Indonesia

TEMPO.CO, Bandung - Mazda CX-5 merupakan kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) medium yang cukup populer di Indonesia. Model terbaru dari CX-5 dikabarkan akan masuk Indonesia setelah lebaran.

Sales, Marketing & PR Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio memperkirakan CX-5 meluncur bertepatan dengan pameran otomotir Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2017. "Tidak lama lagi model baru CX-5 dijadwalkan masuk Indonesia," kata Ricky di Bandung, 21 April 2017.

Sepanjang Januari-Desember tahun 2016, CX-5 yang merupakan pesaing Nissan X-Trail dan Honda CR-V laku terjual sebanyak 1.391 unit. Dua bulan pertama tahun lalu terjual 436 unit. Dua bulan pertama tahun ini, penjualan CX-5 drop hanya 21 unit. Meski demikian, EMI optimistis CX-5 masih menjadi SUV medium yang diminati konsumen Indonesia.

Ricky mengatakan peralihan dari MMI ke EMI memang memerlukan waktu untuk kembali menyusun strategi penjualan maupun pendekatan ke konsumen. “Yang pasti, Mazda berkomitmen penuh terhadap konsumennya di Indonesia. Baik dari sisi produk, hingga layanan purna jual,” ujarnya.

Baca:Sebulan Diluncurkan, 200 Unit Mazda CX-3 Dipesan Konsumen Fitur Ini Membuat Mazda CX-3 Tetap Stabil Saat Bermanuver Tajam

Menurut Ricky, penjualan SUV CX-5 sebenarnya diluar ekspektasi perusahaan. Apalagi situasinya masih dalam masa peralihan perusahaan. “Mobil itu kini hanya menghabiskan sisa stok yang jumlahnya tak seberapa. Akhir April ini saya rasa stok CX-5 sudah habis terjual,” tuturnya.

Ricky menambahkan, EMI tahun ini akan fokus pada penjualan kendaraan tipe SUV karena model ini memiliki pasar yang baik. Tahun ini, lanjut dia, kendaraan SUV pertama yang dirilis EMI adalah Mazda CX-3. Kendaraan SUV kompak ini diyakini mampu menjadi pendorong penjualan Mazda di Indonesia selain Mazda2 dan Mazda CX-5.

Mazda CX-3 dibekali mesin 2.000cc 4-silinder segaris, DOHC, 16 valve dengan teknologi SKYACTIV-G, dipadu dengan penggunaan transmisi otomatis SKYACTIV-DRIVE 6-speed automatic. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 109 kW pada 6.000rpm dan torsi maksimum 192 Nm pada 2.800 rpm.

Simak: Eurokars Jamin Layanan Purnajual Konsumen MazdaVarian Mazda Terbaru Andalkan Fitur GVC

Mazda CX-3 di Indonesia ditawarkan dalam dua tipe yaitu Touring dan Grand Touring (GT). Mazda tipe Touring dijual dengan harga Rp 388 juta sementara Mazda CX-3 tipe Grand Touring Rp 435 juta. Ricky menyebut harga ini masih bersifat sementara alias harga promosi. "Juni nanti naik," ujar Ricky.

Di Indonesia, CX-3 mengisi segmen compact crossover. Di segmen ini, rival yang paling mendekati CX-3 adalah Honda HR-V 1.8L Prestige-Mugen with Premium Entertainment System yang dijual dengan harga Rp 406,45 juta.

Eurokars, lanjut dia, memang menaruh banyak harapan pada CX-3 untuk menjadi salah satu pendorong penjualan Mazda di Indonesia. Dari total target penjualan tahunan sebanyak 7.500 unit, CX-3 diharapkan mampu memberikan kontribusi sebesar 1.500 unit.

WAWAN PRIYANTO

#Otomotif
#Mazda

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi