Ekonomi Global Kerek Ekspor Kendaraan
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Selasa, 2 Mei 2017 21:00 WIB
Deretan mobil siap ekspor tengah parkir di pelabuhan mobil Tanjung Priok, Jakarta, 18 Mei 2015. Bank Indonesia mencatat ekspor kendaraan dan suku cadangnya meningkat 5,5 persen (year on year/YoY) dengan pangsa 38,4 persen dari total volume ekspor. Tempo/Tony Hartawan

TEMPO.CO, Jakarta - Moncernya kinerja ekspor kendaraan secara utuh atau completely built up (CBU) pada awal tahun ini menunjukkan indikasi bahda kondisi ekonomi global, terutama di negara tujuan telah membaik.

Perbaikan ekonomi ini berdampak pada meningkatnya permintaan pasar terhadap kendaraan bermotor roda empat dan lebih.

"Ekonomi menjadi kunci penjualan kendaraan. Ini karena negara tujuan ekspor penjualan mobilnya juga naik," kata Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto, Selasa, 2 Mei 2017.

Baca: Dua Tantangan Indonesia Bisa Mengekspor MobilKeuntungan Bintang Oto Global AnjlokPeluang Ekspor Mobil ke Australia Besar, tapi...

Volume ekspor CBU pada kuartal I/2017 mencapai 56.371 unit, naik sebesar 53,39 persen dibandingkan capaian pada kuartal I/2016 yang hanya sebanyak 36.750 unit.

Secara bulanan, capaian ekspor CBU pada Maret lalu tercatat sebanyak 21.803 unit, naik sebesar 50,32 persen dibandingkan capaian pada bulan yang sama tahun lalu yang hanya tercatat sebanyak 14.504 unit. Capaian pada Maret tahun ini merupakan yang tertinggi dilihat secara bulanan sejak Januari tahun lalu.

Di sisi lain, importasi kendaraan secara utuh juga terus menunjukkan penurunan. Menurutnya, penurunan ini menandakan bahwa industri manufaktur sektor otomotif dalam negeri telah lebih baik, sehingga perusahaan mengurangi impor dan lebih memilih melakukan lokalisasi produk.

Simak: Ini Daftar Mobil dan Motor yang Bisa Dijajal Pengunjung IIMS 2017Australia, Tujuan Baru Ekspor Mobil Indonesia

Kuartal I/2017 impor CBU hanya sebanyak 19.654 unit, turun 14,23 persen dibandingkan capaian periode yang sama tahun lalu yakni sebanyak 22.917 unit.

BISNIS.COM

#Otomotif
#Gaikindo

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi