F1 GP Italia: McLaren Finis 1-2, Hamilton-Verstappen Tabrakan
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 13 September 2021 09:28 WIB
Pembalap tim McLaren Daniel Ricciardo melakukan selebrasi bersama anggota tim setelah menjuarai Grand Prix Italia, Sirkuit Monza. 12 September 2021. (ANTARA/Pool via Reuters/Lars Baron)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Duo McLaren, Daniel Ricciardo dan Lando Norris, sukses merebut podium 1-2 di balap Formula 1 GP Monza, Italia, Minggu, 12 September 2021.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sedangkan pimpinam klasmen sementara, Max Verstappen (Red Bull) gagal menyelesaikan balapan setelah mobilnya bersenggolan dengan mobil Lewis Hamilton (Mercedes). Kemenangan itu menjadi yang pertama bagi McLaren sejak 2012 dan bagi sang pembalap Italia sejak ia membela tim Red Bull pada 2018. Pembalap Australia itu, kini berstatus juara delapan kali Grand Prix, start dari baris terdepan dan mengambil alih pimpinan lomba dari Verstappen sejak start.

Meski start paling belakang karena melakukan pergantian komponen mobil, Valtteri Bottas membawa dirinya melengkapi podium untuk Mercedes setelah memenangi sprint race hari sebelumnya.

"Sudah waktunya," kata Ricciardo dikutip Reuters.

"Memimpin sejak start hingga finis, saya rasa tidak ada yang mengira itu."

"Bukan hanya menang tapi meraih finis 1-2, ini gila. Berada di podium itu sangat luar biasa bagi McLaren."

Tak hanya tampil dominan demi 25 poin, Ricciardo juga mendapat satu poin tambahan untuk lap tercepat di putaran terakhir hari itu.

Hamilton Vs Verstappen

Juara dunia tujuh kali dari tim Mercedes, Hamilton, melakukan pitstop dan kembali ke trek di samping Verstappen, sebelum keduanya bertabrakan di chicane sehingga mobil Red Bull Verstappen berada di atas mobil Hamilton di gravel.

Kedua pembalap keluar dari mobilnya dan safety car dikeluarkan.

"Itu yang terjadi ketika Anda tidak memberi ruang," kata Verstappen lewat radio tim seperti dikutip Reuters.

Max Verstappen dan Lewis Hamilton bertabrakan dalam balapan Formula 1 Italia di Monza, 12 September 2021. (twitter/@f1)

Verstappen tiba di Grand Prix Italia dengan keunggulan lima poin atas Hamilton setelah finis runner-up di sprint race kedua musim ini di Monza pada Sabtu. Posisi kedua pembalap pada klasemen tak berubah menyusul tabrakan hari ini.

Pelindung halo di mobil bernomor 44 itu melindungi kepala Hamilton ketika mobil Verstappen terangkat ke atasnya.

Duet Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz finis P4 dan P6 mengapit pebalap Red Bull Sergio Perez.

Lance Stroll finis P7 untuk Aston Martin, ketika duet Alpine Fernando Alonso dan Esteban Ocon di P8 dan P10, saat George Russell kembali mempersembahkan poin untuk Williams di P9.

Baca juga: Formula 1 Italia: Valtteri Bottas Juara Sprint Race, Max Verstappen Kedua

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi